Rusia Uji Coba Rudal Antar Benua Dari Pusat Ruang Angkasa

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa mereka telah  telah berhasil meluncurkan tiga rudal balistik jarak jauh Topol M. Dua rudal balistik diluncurkan dari kapal selama dari armada Utara dan Pasifik dan satu rudal balistik antarbenua  diluncurkan dari pusat ruang angkasa Plesetsk.

Semua uji coba rudal balistik itu dilakukan sebagai bagian dari latihan kesiapan tempur. Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim semua rudal sukses mencapai target sasaran.

Peluncuran rudal dari Laut Okhotsk, dilakukan kapal selam nuklir Georgiy Pobedonosets dari Armada Pasifik Rusia dengan arah target ada wilayah utara Rusia. Rudal lainya ditembakan Kapal Project 667BDR Kalmar-class dari dalam laut dan telah juga sukses mengenai target dan waktu yang ditentukan.


“Peluncuran menunjukkan tingkat tinggi kesiapan Pasukan Kapal Selam Armada Pasifik dan mengkonfirmasi efektivitas dari komando dan sistem kendali pasukan nuklir strategis angkatan laut,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan yang dikutip Russia Today, (12/10/2016).

Selanjutnya, dalam tes ketiga Pasukan Divisi Rudal Rusia melakukan peluncuran rudal balistik antar-benua (ICBM) RS-12M dari pusat ruang angkasa Plesetsk. Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim rudal itu berhasil menghantam target di lapangan tembak di Kamchatka.


Rudal RS-12M yang juga dikenal sebagai rudal Topol-M adalah rudal balistik antarbenua dengan jangkauan maksimum 10.000 km (6.125 mil). Rudal ini dapat membawa hulu ledak nuklir hingga 550 kiloton.

Pada awal 2016, para Pasukan Rudal Strategis Rusia telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan uji tembak 16 ICBM pada tahun ini. Kementerian Pertahanan Rusia juga berjanji untuk meningkatkan tes pada tahun depan untuk menguji kesiapan teknis sistem rudal Rusia. Ini adalah kali kedua Rusia melakukan ujicoba dalam kurun setengah tahun ini.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan