Rusia Uji Rudal Armur, Pertahanan Udara Termahal

Uji coba peluncuran rudal pencegat termutakhir sistem rudal anti-balistik Rusia (ABM) dilakukan di lapangan pengujian Sary-Shagan, Kazakhstan.

Rudal baru A-135 Amur ini menjadikan pertahanan udara Moskow salah satu yang tercanggih.

Rudal baru ini dirancang untuk menggantikan PRS-1 era Soviet, yang telah beroperasi sejak 1979.

Ini adalah salah satu sistem pertahanan udara paling kuat dan mahal di Rusia yang dirancang untuk melindungi Moskow dari potensi serangan udara dan nuklir.

A-135 Amur dilengkapi dengan hulu ledak nuklir atau konvensional dan dirancang untuk menghilangkan puluhan target udara yang mungkin telah melewati lapisan pertahanan udara sebelumnya.

A-135 Amur memiliki ukuran dan berat yang sama dengan pendahulunya, tetapi dengan kemampuan dan teknologinya lebih canggih sehingga bisa terbang dengan kecepatan hipersonik (4 km per detik atau sekitar 14,000 km per jam).


Sumber independen mengatakan bahwa A-135 Amur dapat mengeliminasi target di jarak lebih dari 800 km dan pada ketinggian antara 4,8 hingga 69 km dekat luar angkasa, di batas atmosfer bumi. Rudal generasi baru tersebut membawa muatan nuklir yang sama dengan pendahulunya di era Soviet, dengan berat 10 kiloton.


Sumber: id.rbth.com

Baca Juga:  Rusia Manfaatkan Menara BTS Seluler Untuk Cegat Rudal Musuh

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan