SAAB Swedia: Radar Erieye AEW&C Dapat Dipasang Pada Pesawat CN-235

SAAB Produsen radar terkemuka dunia asal Swedia menawarkan Radar Erieye AEW&C untuk dipasang ke pesawat CN-235 buatan Indonesia. Dengan langkah ini, Indonesia bisa membangun sendiri platform pesawat early warningnya sendiri dengan kecanggihan yang mumpuni.

Dikutip dari media Facebook SAAB Group Indonesia, mereka menjawab kenapa menawarkan Saab 2000 sebagai platform Erieye AEW&C ke Indonesia? berikut ini kutipanya

Banyak yang bertanya kepada kami apakah kami dapat memakai platform buatan dalam negeri untuk radar Erieye AEW&C seperti pesawat CN-235. Jawabannya adalah, tentu saja! Tetapi ada beberapa hal yang harus dilalui sebelum ini bisa dilakukan dan berdampak kepada anggaran dan waktu. Proses pengujian dan sertifikasi akan menambah waktu 2 tahun diatas jadwal pengiriman dan anggaran juga tentunya akan melambung.


Lewat platform Saab 2000, Indonesia akan mendapatkan sebuah platform yang adalah pemegang rekor dunia dan sudah teruji selama bertahun-tahun dan siap untuk dioperasikan.


Lewat program kerjasama industri dan transfer teknologi, Indonesia dapat nantinya bisa mengintegrasikan radar ini setelah mempunyai sistem Saab 2000 Erieye AEW&C awal.

Sumber : facebook.com/saabgroup.indonesia

Baca Juga:  Koarmatim Kirim Kapal Perang Menuju Daerah Latihan Kesiapsiagaan 2017

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan