Sadar Diri, Malaysia Akui Belum Mampu Bikin Pesawat Sendiri

Para Ilmuwan di Malaysia pernah dilaporkan tengah mempersiapkan sebuah proyek pesawat tempur yang dibuat di dalam negara sendiri. Rencananya, tahun 2020, desain pesawat ini sudah final.

Namun menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengatakan bahwa meskipun para peneliti merasa bahwa Malaysia dapat memproduksi jet tempur pada tahun 2020, namun kondisi keuangan negeri jiran itu tak akan mampu menyokongnya.

“Dalam upaya negara untuk memproduksi pesawat terbang misalnya, kami mungkin mampu memproduksi pesawat penumpang, tetapi dalam ukuran kecil. Jika kami memproduksi hanya sekitar 50 unit, itu tentulah tidak ekonomis, jadi kami harus memproduksi massal, akan tetapi di mana kita bisa menjualnya? ” kata Mat Sabu


Menhan Mat Sabu dalam menanggapi pertanyaan tambahan dari Datuk Dr Abd Latiff Ahmad (BN-Mersing) yang ingin tahu apakah kementerian akan tertarik untuk berkolaborasi dengan universitas yang memiliki keahlian tentang ini (teknologi pesawat) akan tetapi belum cukup modal, hal ini perlu dikoordinasikan dengan anggota Malaysian Defence Industry Council (MIPM), untuk memungkinkan kebijakan kemandirian yang dipercepat.


Sementara itu, dalam sebuah jawaban yang di pertanyakan oleh Ahmad Fadhli Shaari (PAS-Pasir Mas), tentang kemampuan jet tempur Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) dalam operasi dan peperangan, Mat Sabu mengingatkan semua pihak untuk tidak meremehkan kemampuan TUDM.

Peralatan TUDM cukup, dalam kondisi baik dan siap digunakan jika terjadi perang, katanya.

Baca Juga:  Kapal Selam Argentina Yang Hilang, Telah Meledak Di Dalam Laut

“Kami tidak akan berperang dengan negara manapun, tetapi kami sepenuhnya siap, dan personel militer kami bersemangat tinggi. Jika (peralatan militer) dalam keadaan rusak, kami akan memperbaikinya,” katanya.

Sumber: thesundaily.my

1 Komentar

Tinggalkan Balasan