Beri Pinjaman 500 Juta, India Makin Akrab Dengan Vietnam Membendung China

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Phuc dan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Sumber: Reuters

India semakin berambisi menyaingi China dalam hal pengaruh di kawasan Asia. Dua negara raksasa yang sampai sekarang masih bersengketa soal perbatasan di kawasan Himalaya.

India mencoba mengail ikan di air keruh Laut China Selatan. Raksasa Asia Selatan itu baru saja meminjamkan 500 juta dollar untuk memperkokoh hubungan pertahanan dengan Vietnam. Kerjasama India-Vietnam bukanlah hal baru, pesawat-pesawat Mig-21 milik Vietnam telah diupgrade ke versi Bison atas bantuan India di fasilitas udara milik India.

Jalinan keakraban India-Vietnam ditandai dengan kunjungan langsung Perdana Menteri India Narendra Modi ke Hanoi, Vietnam. Vietnam sedang banyak belanja untuk mengembangkan dan meremajakan persenjataan militernya, demi menghadapi sengketa melawan Beijing di Laut Cina Selatan.

“Saya sangat bahagia mengumumkan kredit (anggaran) pertahanan untuk Vietnam sebesar 500 juta dollar demi memfasilitasi kerjasama pertahanan yang lebih dalam,” kata Modi di hadapan para wartawan usai menandatangani kesepakatan tersebut.

Modi tidak mengungkapkan secara spesifik isi dari perjanjian tersebut, namun biasanya, kredit semacam itu akan mengharuskan Vietnam untuk menandatangani kontrak dengan perusahaan-perusahaan India.

Sekitar 50 persen dari total perdagangan India diangkut melewati perairan Laut Cina Selatan yang kini banyak dibangun pulau buatan dan fasilitas pertahanan oleh Tiongkok.

 

Baca Juga:  Malaysia dan AS Latihan Air Assault - Keris Strike Mantap

1 Trackback / Pingback

  1. Amerika Serikat Segera Buka Pangkalan Militer di India - militermeter.com

Tinggalkan Balasan