Saingi F-35, China Siapkan Pesawat J-20 Versi Ganas

Pesawat jet tempur Chengdu J-20 China telah terlihat dilengkapi dengan adaptor pylon di bawah sayapnya, menunjukkan pesawat siluman itu juga punya “Beast Mode” atau Versi Ganas seperti jet tempur F-35 AS jika diperlukan untuk mengerahkan penyerbuan dengan membawa senjata yang lebih banyak.

Sebuah prototipe J-20 yang melakukan uji terbang memiliki dua adaptor tiang bom eksternal, satu di bawah setiap sisi sayapnya, dan dapat membawa total tambahan empat rudal.

Sebagai pesawat siluman 5G, J-20 selama ini hanya menyembunyikan senjata mereka di dalam lambung untuk mencegah deteksi radar agar sulit dideteksi. Dengan “Beast Mode” ini yang menggunakan tiang eksternal untuk membawa senjata akan membuat mereka lebih mudah terdeteksi radar.

J-20 dapat membawa setidaknya empat rudal PL-15 di ruang senjata utamanya dan dua rudal jarak pendek PL-10 di kantong rudal sampingnya, ketika tidak menggunakan adaptor eksternal.

Ruang senjata utama mampu menampung rudal udara-ke-udara (AAM) jarak pendek dan jarak jauh (PL-9, PL-12C / D & PL-15 – PL-21) sementara dua senjata lateral yang lebih kecil terletak di belakang lubang masuk udara dimaksudkan untuk AAM jarak dekat (PL-10).

J-20 dilaporkan tidak memiliki autocannon internal atau meriam putar, menunjukkan bahwa pesawat tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam pertempuran jarak dekat dengan pesawat lain.

Baca Juga:  KAI Korsel Mulai Perakitan Pertama Prototipe Pesawat KF-X

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan