Sampah Angkasa Jatuh di Madura

Dua objek benda dilaporkan jatuh dari langit di Sumenep, Madura, kemarin pada hari Senin,26/09/2016. Benda tersebut jatuh dari antariksa yang diduga bekas obyek satelit. 

Berdasarkan penuturan ahli dari LAPAN, (Lembaga Antariksa Nasional), Thomas Djamaludin. Diduga 4 Objek yang jatuh tersebut adalah memang “antariksa” dari roket satelit yang  kebetulan melintas di atas Madura dan bisa saja jatuh. 

Objek pertama bekas roket Delta 2 PAM-D yang melintas pukul 06.27 dan objek bekas roket Falcon 9 yang melintas pukul 09.21. Berdasarkan laporan media, kejadiannya sekitar pukul 09.00 – 10.00. Maka dugaan kuat objek tersebut adalah sisa roket Falcon 9 tingkat 2. Roket Falcon 2 milik Space-X, Amerika Serikat, yang telah digunakan mengorbitkan satelit JCSAT 16 pada 14 Agustus 2016. 

Benda-benda tersebut jatuh di Pulau Giki Genting, Desa Lombang, Sumenep Madura. Benda tersebut menimpa kandang hewan milik warga hingga ambruk. 

Benda pertama seperti drum hitam pekat seperti terbalut aspal. Benda tersebut seperti plastik dan tali rafia. Lalu ada tiga benda lain dari logam yang hangus karena terbakar.



Sampai saat ini LAPAN telah menerima dan menyimpan beberapa objek sampah antariksa yang pernah jatuh di Indonesia: 1981 dari Gorontalo (bekas tabung bahan bakar roket Rusia), 1988 dari Lampung (bekas tabung bahan bakar roket Rusia), dan 2003 dari Bengkulu (pecahan roket RRT).

Baca Juga:  Aksi Pramugari Garuda Menggendong Nenek Turun Dari Pesawat Mendapat Pujian

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan