Satgas SBJ 68/2019 Peringati HUT ke-74 TNI AL di Gunung Sitoli, Nias

Satuan Tugas (Satgas) Operasi Bakti Surya Baskara Jaya 68/2019 yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si., memperingti HUT ke 74 TNI Angkatan di Dermaga Angin Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara (10/9).

Dansatgas SBJ 68 saat memimpin apel pagi membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang menyampaikan bahwa selama 74 tahun TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

“Sesuai pasal 9 UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur 5 tugas TNI AL yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim, dan pembinaan wilayah pertahanan laut,” ujar Kasal.


Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk mewujudkan kekuatan Angkatan Laut yang profesional dan modern, tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan. Modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditaat dalam perencanaan strategis Angkatan Laut 5 tahun ke depan dalam kerangka kekuatan Angkatan Laut yang selalu siap dioperasionalkan.

Selaras dengan visi pemerintah 5 tahun ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI AL tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh Prajurit dan PNS TNI AL dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia. Tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju”.

Baca Juga:  Marinir TNI AL Bakal Dapat Tambahan Sea Rider Biar Mobilitas Makin Cepat

Untuk lebih memeriahkan HUT ke 74 TNI AL, Satgas SBJ 68 menggelar berbagai lomba antar Unsur Tugas (UT) yakni lomba bakiak Juara I diraih Staf Satgas, Juara II UT Angkut KRI Semarang-594, Juara III UT Pelayanan Kesehatan (Yankes), dan Juara IV UT Pelayanan Masyarakat (Yanmas). Sementara lomba futsal memakai karung Juara I diraih UT Pelayanan Masyarakat (Yankes), Juara II UT Angkut KRI Semarang-594, Juara III Staf Satgas, dan Juara IV UT Pelayanan Masyarakat (Yankes).

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan