Satgas Yonif PR 432 Kostrad Buka 1 Hektar Lahan Tidur di Perbatasan Papua

Satgas Pamtas Yonif PR 432 Kostrad Membuka 1 Hektar Lahan Tidur di Pos Koramil Tami Daerah Perbatasan Papua. Foto: Penkostrad

Prajurit Satgas Yonif PR 432 dari seluruh jajaran Pos diwajibkan untuk mempunyai lahan sebagai program untuk ketahanan pangan di mana para prajurit mengolah lahan tidur yang ada di daerah binaannya untuk dijadikan tanaman apapun yang siap panen dalam jangka pendek atau jangka waktu tertentu seperti sayur mayur, buah buahan, ubi dan jagung.

Salah satunya Pos Koramil Tami sekarang ini sudah membuka lahan tidur seluas 1 hektar yang telah mendapat kunjungan dan apresiasi Kepala Distrik Muara Tami dan staf, Danramil Muara Tami, Kepala SMK Negeri 07 Muara Tami, beserta guru guru untuk melihat secara langsung lahan yang dulunya dibiarakan ditumbuhi ilalang setinggi 1 meteran. Kini lahan telah ditanami beberapa tanaman yang dikonsumsi oleh masyarakat sehari-hari.

Danki D Pos Koramil Tami Lettu Inf Rosidi mengatakan, sebelumnya berkoordinasi dengan Kepala Distrik Muara Tami dan Kepala Sekolah SMK Negeri 07 Muara Tami untuk meminta izin membuka lahan tidur yang ada di belakang pekarangan sekolah. Kepala Distrik dan Kepala sekolah dengan senang hati mempersilahkan untuk pengolahan lahan di area sekolahan itu.

Di bawah pimpinan Danki D Pos Koramil Tami Lettu Inf Rosidi bersama anggotanya dengan bergantian setiap hari selama hampir satu bulan belakangan ini melakukan pembukaan lahan tidur di area sekolahan SMK Negeri 07 Muara Tami dengan menerapkan 7 M yaitu Membabat lalang, Membakarnya di atas lahan setelah kering, Menyemprotkan obat anti rumput, Menanam tanaman yang direncanakan, Memupuk tanaman yaag telah bersemi, Memanenya nanti diadakan acara penen raya.

Baca Juga:  Menhan Ingin Indonesia Jadi Kekuatan Ketiga Di Dunia

Lahan tidur yang sebelumnya dipenuhi semak belukar kini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu untuk lahan ubi luasnya 20 x 100 meter, untuk lahan jagung luasnya 60 x 100 meter, untuk lahan semangka luasnya 20 x 100 meter dan sisanya diperuntukkan tanaman singkong dan ubi jalar.


Setelah melihat dan turun kelapangan langsung, Kepala Distrik Muara Tami Bapak Supriyanto menyampaikan, “Apresiasi kepada Satgas 432 Kostrad yang sudah mempelopori pembukaan lahan menjadi bermanfaat dan berdaya guna serta bisa menjadi contoh bagi masyarakat, walau dengan keterbatasan alat dan dana tetapi bukan menjadi alasan untuk tidak berbuat,” ungkap Kepala Distrik Muara Tami Bapak Supriyanto.


Danki D Pos Koramil Tami Lettu Inf Rosidi menyampaikan teriima kasihnya kepada Kepala Distrik dan Kepala Sekolah SMK 07 Muara Tami yang sudah membantu mulai dari peminjaman alat peralatan dan kebutuhan lainnya untuk penyiapan dan pengolahan lahan seluas 1 hektar yang telah selesai dikerjakan. (Sumber: Penkostrad)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan