Sayap Ala Keju Swiss Pesawat Tukik Legendaris SBD Dauntless

Douglas SBD Dauntless adalah pesawat pengintai dan pembom tukik angkatan laut sayap rendah (low wing) Amerika Perang Dunia II yang diproduksi oleh Douglas Aircraft dari 1940 sampai 1944.

Pesawat jadi terkenal setelah zukses besar menghancurkan barisan kapal induk Jepang dalam Pertempuran Midway pada Juni 1942.

Salah satu fitur yang paling prominen dari pesawat ini adalah sistem dive brakenya yang memiliki konfigurasi split-flap, dengan lubang-lubang kecil (perforation) berdiameter 3-inci seperti layaknya “keju Swiss”.



Saat pesawat menukik, dive brake ini membuka dari bagian trailing edge kedua sayap dengan flap bagian bawah turun sebesar 40 derajat dan flap bagian atas naik sebesar 37.5 derajat.

Fungsi dari perforated split-flap Dauntless ini adalah membolehkan pesawat melakukan diving dengan dive path yang hampir vertikal antara 70-80 derajat, akan tetapi dengan kecepatan terminal yang tergolong lambat, yaitu sekitar 276 mil per jam (240 knot).

Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dengan pemakaian perforated split-flap ini. Selain mengurangi buffeting di bagian ekor, kecepatan terminal lambat yang diberikan juga sangat berguna dalam menjamin akurasi maupun stabilitas Dauntless. Seiring menukik, pilot bisa mengoreksi titik bidikannya terus-menerus untuk mengikuti pergerakan kapal sasaran yang bermanuver untuk menghindari serangan udara. Stress yang dialami airframe pesawat ketika menukik pun jauh lebih rendah sehingga pull-out dapat dilakukan secara mendadak bila diperlukan.

Baca Juga:  Jenis-jenis hukuman indisipliner dalam legiun Romawi

Sumber:

  1. Lighting Ii Chan Hex
  2. Wikipedia
  3. https://www.boeing.com/history/products/sbd-a-24-dauntless.page
  4. https://www.navalaviationmuseum.org/aircraft/sbd-dauntless-buno-2106/
  5. http://www.vmsb243.com/douglasdauntless.htm
  6. http://divebombingnavy.blogspot.com/
  7. https://www.pearlharboraviationmuseum.org/pearl-harbor-blog/douglas-sbd-dauntless-scout-dive-bomber/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan