Seekrieger, Konsep Desain Boat Selam Buatan Singapura

Ditawarkan oleh DK Naval Technologies Singapura, kapal konsep ini masih pada tahap studi. Setelah selesai, tahap awal ini akan memungkinkan pembuat kapal untuk merakit prototipe pertamanya. “Butuh setidaknya tiga tahun bagi kami untuk membuat kapal yang sebenarnya,” kata pihak perwakilan perusahaan kepada Naval News.

Ditawarkan dalam varian sipil dan militer, Seekrieger didasarkan pada hull trimaran, yang memberikan stabilitas dan kecepatan yang tinggi. Setiap floatnya juga akan berfungsi sebagai ballast tank untuk mengontrol daya apung kapal.

Dengan panjang 30,3 m dan displacement 90,2 ton, versi yang ditampilkan pada pameran LIMA dapat menampung hingga 10 orang. Sistem propulsi menggunakan gas turbin/baterai memungkinkan kecepatan maksimum 120 knot di permukaan (80 knot dalam rigid hull state dan 120 knot dengan retractable hull – navaltoday.com) dan hingga 30 knot setelah menyelam.

Menurut perwakilan perusahaan, baterai akan memberi kapal tersebut otonomi hingga dua minggu menyelam dengan kecepatan maksimum 10 knot dan kedalaman maksimum 100 meter, tergantung pada kebutuhan misi. Versi sepanjang 30 meter akan menjadi dasar untuk mengembangkan kapal yang lebih besar, masing-masing sepanjang 45 meter dan 60 meter.


Persenjataan terintegrasi pada model skala LIMA 2019 termasuk dua meriam ringan 27 mm Rheinmetall Sea Snake-27, tetapi persenjataan ringan itu akan diadaptasi sesuai dengan permintaan pelanggan, pihak perwakilan perusahaan mengkonfirmasi. Juga dipamerkan pada model adalah dua tabung torpedo, satu di setiap sisi haluan dengan 10 senjata torpedo ringan.

Baca Juga:  Di India, Calon Tentara Mengerjakan Tes Hanya Mengenakan Celana Dalam di Lapangan Terbuka

Antena, radar, dan stasiun senjata dapat dilipat ke dalam dengan waktu kurang dari 30 detik sebelum menyelam. Jenis misi yang dapat diemban oleh Seekrieger adalah patroli ZEE dan pengawasan pantai.

Sumber: navalnews.com, navaltoday.com, TSM Angga saja

1 Komentar

Tinggalkan Balasan