Segini Jumlah Tank Rusia Kelas Utama

Mengutip laporan intelijen open source dari para pakar militer, Lenta.ru melaporkan bahwa Angkatan Darat Rusia memiliki total 2685 tank tempur utama (Main Battle Tank) dalam inventaris aktif mereka.

“Total unit tempur yang terdaftar [dalam publikasi] adalah 2685 tank. Jumlah total tank baru dan yang diupgrade (diproduksi pada tahun 2000 dan setelahnya) di unit tempur adalah sekitar 1.200 unit atau sekitar 45 persen dari total keseluruhan,” kata laporan itu.

Laporan tambahan oleh Lenta.ru menyatakan bahwa “39 batalyon tank baru dibentuk selama beberapa tahun terakhir, dan tiga puluh dua di antaranya dikerahkan ke barat dan selatan”, dan “jumlah total tank yang dikerahkan hampir dua kali lipat.”

Juga dicatat bahwa industri pertahanan Rusia telah menaikkan tingkat modernisasi kendaraan tua. “Jika pada 1998-2010 sekitar 150 tank T-72B dan T-80U diupgrade ke level T-72BA dan T-80UE-1, maka pada 2011-2020 suplai untuk pasukan berjumlah lebih dari 600 tank T-72B3, lebih dari 300 tank T-72B3M dan lebih dari 60 tank T-80BVM,” menurut laporan.

Pada saat yang sama, CEO produsen pertahanan Uralvagonzavod (bagian dari perusahaan teknologi Rusia Rostec) Alexander Potapov mengatakan bahwa batch pertama tank T-14 ‘Armata’ terbaru akan segera tiba untuk pasukan Rusia.

“Batch pertama kendaraan akan segera dikirimkan,” katanya.

Armata sangat menarik baik untuk Angkatan Darat Rusia maupun untuk pelanggan asing, yang menanyakan tentang kemungkinan pengiriman T-14 atau produksi berlisensi dari tank ini, kata CEO Uralvagonzavod.

Baca Juga:  Filipina Selidiki Video Kekerasan Tentara Pada Tawanan ISIS

Sumber : defence-blog.com via FB TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan