Selcuk Bayraktar Insinyur Menantu Erdogan Perancang Drone Canggih

Selcuk Bayraktar bersama istri. Foto:.superhaber.tv

Bayraktar TB2, pesawat tanpa awak (drone) buatan Turki menyita perhatian dunia karena sukses besar dalam dua perang, di Libya dan di Azerbaijan. Ternyata, drone tempur Turki itu adalah buatan menantu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang bernama Selcuk Bayraktar.

Bayraktar TB2 adalah kendaraan udara tempur tak berawak yang mampu terbang di ketinggian menengah dengan daya tahan lama (medium altitude long endurance (MALE).

Drone ini dikendalikan dari jauh diproduksi oleh perusahaan Baykar Turki untuk Angkatan Udara Turki (TAF). Pesawat ini dipantau dan dikendalikan oleh awak udara di Stasiun Kontrol Darat, termasuk penggunaan senjata. Bayraktar berarti “panji” atau “pembawa standar” dalam bahasa Turki.

Pengembangan Bayraktar TB2 dipicu oleh larangan AS atas ekspor pesawat tak berawak bersenjata ke Turki karena khawatir pesawat itu akan digunakan untuk melawan kelompok PKK – Partai Pekerja Kurdistan di dalam dan di luar Turki.

Bayraktar TB2 pertama kali terbang pada Agustus 2014. Pada 18 Desember 2015, sebuah video dipublikasikan untuk uji coba rudal Bayraktar TB2.

Drone ini menyita perhatian dunia selama diturunkan di dua arena medan perang, Libya dan Azerbaijan, karena berhasil menang besar.

Baca Juga:  Pesawat Taiwan Salah Tembak Saat Menghadapi Pesawat China

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan