Sempat Gak Mau Ngaku, Amerika Punya 6.185 Bom Nuklir

Selama ini Departemen Energi Amerika Serikat (AS) tidak pernah mau merilis data resmi tentang kepemilikan hulu ledak nuklir.

Setelah hampir satu dekade menunggu, Federasi Ilmuwan Amerika akhirnya mendapat data pasti tentang jumlah bom nuklir yang dimiliki Paman Sam.

Dalam laporan di Bulletin of the Atomic Scientists, para ilmuwan berhasil menghitung secara lengkap bahwa negara itu total memiliki 6.185 hulu ledak nuklir yang disimpan di 24 lokasi di 11 negara bagian AS, serta lima negara Eropa.


Laporan stok senjata berbahaya Amerika itu ditulis Hans M. Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika, dan rekannya dalam proyek tersebut, Matt Korda. Laporan yang mereka tulis berjudul “United States nuclear forces, 2019” dan dirilis pada 29 April lalu.


Dari penghitungan para ilmuwan tersebut, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mempertahankan cadangan hampir 3.800 hulu ledak nuklir. Sebagian besar hulu ledak itu tidak dikerahkan, termasuk 2.385 hulu ledak yang menunggu untuk pembongkaran.

Sedangkan yang dikerahkan sebanyak 1.750 hulu ledak. Yakni, sekitar 1.300 hulu ledak dipasang pada rudal-rudal balistik, 300 hulu ledak ditempatkan di pangkalan pesawat pembom strategis di Amerika Serikat, dengan 150 hulu ledak menjadi senjata taktis dan sisanya dikerahkan di pangkalan-pangkalan militer di Eropa.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga:  Pesawat Tempur India Jatuh Lagi

2 Komentar

    • Yahh mau gmane lagi….
      Mungkin takdir mereka dibekali semuanya di dunia…
      Jd semaunya, yg gk da nuklir jadi pisang goreng mereka..
      Seenaknya mengobok2 negara lemah

Tinggalkan Balasan