Senjata Optik Terbaru Di Pesawat Siluman Terbaru Buatan Rusia Bermesin Tunggal

Pada 17 April, Rostec Corporation Rusia membagikan di Twitter foto jet tempur siluman baru yang dikembangkan oleh anak perusahaannya, United Aircraft Corporation (UAC).

Foto tersebut menunjukkan apa yang tampak sebagai sistem optik yang dipasang di bawah jet tempur baru, yang diberi nama kode “Checkmate”.

Sebuah foto yang dipantulkan pada sistem optik menunjukkan apa yang tampak sebagai perusak kelas Tipe 45 dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Sebuah kapal perang kelas ini, HMS Defender (D36), dihadang oleh Angkatan Laut Rusia bulan lalu ketika mencoba untuk menembus perairan lepas pantai Krimea.

 

Sebuah sumber di kompleks industri militer Rusia mengatakan kepada RIA Novosti bahwa foto Rostec menunjukkan “sistem penargetan optik-elektronik yang terpasang di dalam pesawat.” Sistem seperti itu digunakan untuk mengarahkan serangan ke target darat atau laut.

Desain sistem Rusia sangat mirip dengan Electro-Optical Targeting System (EOTS) Lockheed Martin yang dipasang pada jet tempur siluman F-35.

“Checkmate” dilaporkan akan menjadi pesawat tempur generasi kelima multi-peran ringan pertama Rusia dengan mesin tunggal. Beberapa foto yang menunjukkan jet tempur yang disembunyikan muncul secara online dalam beberapa hari terakhir.

Jet tempur baru tersebut akan resmi diperkenalkan pertama kali pada MAKS-2021 Air Show yang akan dibuka pada 20 Juli mendatang.

Baca Juga:  Filipina Incar Helikopter Serang T-129 Buatan Turki

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan