Senjata Pertahanan Udara Turki Terdampar di Yunani

Masalah pelik tengah dihadapi Turki di Laut Aegea. MV Alcatras sebuah kapal nelayan berbendera Turki, terdampar di pesisir pulau Kos, Yunani. Masalahnya k adalah Alcatras tidak sedang mencari ikan, tapi sedang digunakan untuk ngetes prototipe sistem senjata pertahana  udara, yang akan digunakan untuk menembak jatuh pesawat Yunani jika kedua negara berperang.

Meski sama-sama anggota NATO, tapi kedua negara adalah musuh bebuyutan dan terus bersengketa. Bukti faktual ada ada perebutan pulau Siprus yang masih memanas sampai saat ini. 

Sebagaimana dilaporkan Popular Mechanics, Kamis 29 Desember 2016, kapal penangkap ikan itu tampaknya digunakan sebagai test bed untuk versi angkatan laut dari sistem pertahanan udara Korkut. Korkut ( bahasa Turki yang berarti “tegas” atau juga ” hujan es batu besar”) terdiri dari dua autocannons 35-milimeter yang dapat menembakkan 1.100 putaran per menit.

Sistem ini bisa digunakan untuk menembak jatuh rudal dan pesawat, dan versi darat dipasang pada kendaraan lapis baja ACV-30. Sistem ini telah dikirim ke Turki selatan untuk mencegat roket ISIS mengancam pasukan Turki.
Sejauh ini tidak ada kabar apakah Turki akan mendapatkan senjata mereka kembali.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan