Serangan Balasan, Turki Tangkap Ribuan Militan Pemberontak Kurdi

Tank Turki terus membombardir Afrin. Foto: AFP

Aksi Militer Turki di wilayah Provinsi Afrin, di Suriah semakin membabi buta. Sejak pasukanya terus berguguran menghadapi kerasnya perlawan kaum Kurdi Suriah. Turki telah melakukan penangkapan lebih dari seribu orang yang didakwa mendukung aksi militan pemberontak Kurdi.

Operasi yang bertajuk Ranting Zaitun itu sendiri telah dilancarkan sejak  20 Januari 2018 sampai saat ini dilaporkan ada sekitar 50 prajurit Turki yang telah tewas.

Dalam pernyataan tertulis Staf Jenderal Turki, lembaga resmi pemerintah Turki yang diterbitkan pada Senin, 12 Februai 2018, serangan-serangan udara dalam Operasi Ranting Zaitun yang dilancarkan Angkatan Bersenjata Turki telah menghancurkan 15 target yang digunakan sebagai tempat berlindung, tempat – tempat penyimpanan amunisi dan lubang-lubang senjata.


Operasi Ranting Zaitun ditujukan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di sepanjang wilayah perbatasan Turki dan kawasan. Operasi ini juga ditujukan untuk melindungi masyarakat Suriah dari penindasan dan kekejaman.

Militer Turki menegaskan Operasi Ranting Zaitun dilaksanakan di bawah kerangka HAM Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi – resolusi Dewan Keamanan PBB, hak mempertahankan diri di bawah piagam PBB dan menghormati integritas teritorial Suriah.


Pada bagian lain, koresponden Anadolu di lapangan mewartakan operasi gabungan yang dilakukan militer Turki dan kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA) pada Minggu pagi, 11 Februari 2018 telah membersihkan desa Serincek dari para teroris. Serincek terletak di kota Sheran wilayah Afrin, utara Suriah.

Baca Juga:  Ditinggal Aliansi, Trump Ingin Amerika Mundur Dari Medan Perang Suriah

Dalam operasi  militer tersebut, Turki dan FSA juga  merebut desa Hec Iskendere, yang terletak di wilayah barat Jinderes, Afrin.

Sejak operasi gabungan militer Turki dan FSA, total 49 area strategis dirampas dari para teroris ISIS, di antaranya satu pusat kota, 32 desa, tiga wilayah pinggir dan 13 bukit.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan