Serangan Balik LNA Libya Disokong Rusia Dan Tentara Pro Assad Suriah

Libya benar-benar menjadi arena perang Proxy. Perang proksi (bahasa Inggris: Proxy war) adalah perang antar dua negara yang tidak terlibat langsung di pertempuran di suatu negara.

Setelah kubu GNA mendaapt bantuan senjata dari Turki dan pasukan bayaran dari Suriah. Kali ini giliran kubu lawanya, LNA.

LNA telah memulai serangan balik terhadap pasukan GNA, didukung oleh serangan udara.

LNA sejauh ini merebut kembali kendali kota Al-Asaba, yang seminggu yang lalu direbut GNA. Gambar di bawah adalah pejuang LNA di dalam Al-Asaba. Serangan udara ini memaksa GNA mundur.

LNA saat ini bergerak maju di Garyan. Penguasaan kembali Al-Asaba telah membuka kembali rute pasokan sekunder untuk pasukan LNA di Tripoli.

Rusia dilaporkan sekarang merekrut pejuang pro-Assad dari Brigade al-Quds, yang berbasis di provinsi Deir ez-Zur, Suriah, untuk membantu LNA di Libya. Brigade al-Quds sebagian besar terdiri dari warga Suriah dan Palestina. Tidak diketahui seberapa sukses upaya perekrutan Rusia. Rusia telah berjuang untuk merekrut gerilyawan yang direkonsiliasi di Suriah selatan untuk menyokong LNA di Libya.

Baca Juga:  Militer Afghanistan Tangkap Emir ISIS Pembantai 25 Umat Sikh

2 Komentar

Tinggalkan Balasan