Setelah MiG-35 , Mesir Borong Sukhoi Su-35 Dari Rusia

Sebagai sekutu dekat Amerika Serikat, Mesir secara mengejutkan kembali mengisi armada pesawat tempurnya dengan buatan Rusia. Setelah memborong Mig-35 Fulcrum, kali ini mesir memborong Su_35.

Kabar yang dirilis oleh Aljazeera (18/03/2019) itu menyebutkan bahwa Rusia telah menandatangani kontrak 2 miliar dolar AS untuk memasok lebih dari 20 jet tempur Su-35 ke Mesir.

Rusia telah menjadi salah satu pemasok senjata terbesar Mesir ketika Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sisi telah mengembangkan hubungan persahabatan dengan Presiden Vladimir Putin.


Kesepakatan senjata yang dilaporkan datang di tengah meningkatnya tekanan A.S. terhadap negara-negara di seluruh dunia untuk tidak membeli senjata yang diproduksi Rusia.


Kontrak tersebut ditandatangani pada akhir 2018 dan pengiriman pesawat, serta senjata untuk pesawat, akan dimulai pada 2020-21, Kommersant melaporkan. Belum jelas kenapa Mesir menjatuhkan pilihan pada Sukhoi Su-35, mengingat negara tersebut tidak memiliki konflik terbuka dengan negara lain di tetangganya.

Mereka justru lebih membutuhkan platform anti gerilya karena Mesir sendiri melibatkan dirinya dalam perang dan konflik di Libya.

Sumber: Aljazera.com, ucweb.com/aryo

Baca Juga:  Pesanan Indonesia Dibatalkan, Rusia Tawarkan Jatah Su-35 Ke China?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan