Siap Perang Dengan Rusia, Tank Abrams Amerika Serikat Dimodifikasi Khusus

Amerika Serikat dan negara anggota NATO telah menyiagakan pasukan di garis perbatasan Rusia dan negara sekutu NATO paling depan. Tidak hanya personel prajurit, berbagai alat utama sistem senjata (alutsista) juga sudah siaga penuh.

Salah satu alutsista yang mendapat persiapan khusus adalah tank Abrams, tank kelas MBT andalan Amerika Serikat. Tank Abrams mendapat tambahan lapisan baja khusus yang disebut reactive armor.

Tambahan Baja ini untuk memperkuat pertahanan Abrams terhadap ledakan tingkat tinggi seperti bom, rudal antitank, ranjau, dan lainnya.


Reactive armor ini telah dipasang di tank-tank Abrams yang bermarkas di 7th Army Training Command’s Granfenwoehr Training Area, Jerman akhir bulan Februari lalu dan siap dikirim ke Polandia yang berbatasan dengan Rusia.

Desain reactive armor berupa plat-plat baja yang dibuat secara khusus dan bisa dipasang pada bodi tank Abrams karena sudah tersedia dudukannya. Proses pemasangan bisa beralngsung cepat dan bisa dilakukan oleh semua awak tank Abrams.

Saat ini pasukan kavaleri yang bertugas di Jerman adalah batalyon tank dari 1st Battalion, 66th Armor Regiment, 3rd Armored Brigade Combat Team, dan 4th Infantry Division.

Semua pasukan turut terlibat dalam latihan tempur multinasional Operation Atlantic Resolve demi memelihara kesiapan tempur di kawasan Eropa Timur.

Latihan tempur yang diikuti oleh kekuatan militer negara-negara Eropa yang merupakan sekutu AS di Eropa itu sudah berlangsung secara rutin sejak tahun 2014.

Baca Juga:  Arab Saudi dan Ukraina Pamerkan Pesawat Angkut Antonov An-132D 

Tujuan latihan adalah untuk selalu memelihara kemampuan interoperability dengan kekuatan militer NATO dan AS. Namun belakangan, latihan Operation Atlantic Resolve mulai disiapkan untuk menghadapi kekuatan militer Rusia.

Desain komplitnya

1 Komentar

Tinggalkan Balasan