Silent Hawk Motor Trail Hybrid Pasukan Khusus Amerika Serikat

Silent Hawk adalah sepeda motor prototipe yang dikembangkan untuk pasukan ranger Amerika Serikat. Motor dengan bahan bakar Hybrid ini dirancang untuk bisa melahap berbagai medan dan menyusup ke garis pertahanan musuh tanpa mesin yang bising.

Silent Hawk yang proyeknya digarap sejak 2014. Merujuk ke situs Logos Technologies, motor tempur ini adalah hasil kombinasi dari RedShift MX electric motorcycle dengan sistem multi fuel hybrid. Motor ini bisa meminum semua minyak mulai dari bensin, avtur JP-5, JP-8, Jet-A1, propane, dan AVGAS.

Saat berjalan, sistem kelistrikan akan terisi. Ketika batereinya penuh, maka pengemudi bisa mengalihkan ke tenaga listrik untuk menghemat bahan bakar minyak.

Bobot motor tempur hybrid electric ini hanya 159 kg. Sangat cocok dengan bawaan pasukan khusus yang biasanya membawa banyak senjata.

Dalam uji coba, khusus dengan sistem elektrik dalam kondisi baterai full charged, motor bercat hitam ini dapat dibawa jalan hingga 273 km, termasuk dua jam dalam moda quiet mode. Dari spesifikasinya, untuk sistem elektrik motor ini menggunakan baterai lithium ion 5.8 Kwh.

Dalam kondisi kepepet saat baterai habis dan tak ada charging station, motor canggih ini dapat dilepas konsol sistem elektriknya, dan jadilah motor ini melaju laksanan motor konvensional Menurut perancangnya, ini sangat menguntungkan bagi pergerakan pasukan elite, karena bobot motor akan lebih ringan.

Baca Juga:  Bomber Terbaru Tupolev Tu-22M3M Siap Mengudara Tahun Ini

Sebagai motor canggih untuk pasukan khusus, Silent Hawk juga dirancang terkoneksi dengan gadget Android, yakni dengan tersedianya Integrated mount and power interface for Android Tactical Assault Kit (ATAK).


Dari aspek ketahanan, motor tempur ini telah melampaui standar IP 65 environmental sealing. Mau tahu berapa kecepatan motor ini? Secara teori motor two wheel drive ini bisa ngebut sampai 128 km per jam. Sementara untuk kapasitas penyimpanan dalam bag bisa dimuati perlengkapan sampai 35 kg.

Untuk kemampuan senyap, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) menyebut prototipe motor ini punya low acoustic signature. Dalam quiet mode pancaran suara yang dihasilkan kurang dari 55 dB, setara dengan suara percakapan standar. Sedangkan bila menggunakan mesin genset, pancaran suara yang dihasilkan motor ini kurang dari 75 dB, atau setara dengan bunyi vacuum cleaner.

Dilihat dari perbandingannya, jelas Silent Hawk lebih unggul dari motor trail tempur Kalashnikov. Sekiranya apa yang telah dicapai dari penemuan diatas bisa menjadi inspirasi bagi pengembangan wahana tempur pasukan khusus TNI yang akrab menggunakan motor trail tempur.

Sumber: indomiliter.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan