Simulator Tank AMX-13 Lengkapi Koleksi TNI

Banyak yang tidak mengetahui bahwa beberapa simulator tank telah dimiliki TNI AD diantaranya adalah Leopard, Scorpion dan Stormer. Walhasil tak sedikit yg mencibir kenapa kok simulator tank tua, AMX-13? dengan simulator AMX-13 ini, lengkap sudah koleksi latihan milik TNI AD berdasarkan tank yg dimiliki sekaligus sinyal bahwa AMX-13 akan terus digunakan seiring program retrofit bareng PT. Pindad. 

Pelatihan awak tank menggunakan simulator tentunya lebih hemat biaya dari pada sistem pelatihan dengan metode langsung menggunakan tank, terutama tipe AMX-13 yg baru saja diretrofit. 

Simulator ini dirancang langsung oleh Puslitbang TNI AD. Pembuatannya dilakukan oleh PT Technology and Engineering Simulation (TES), yang membutuhkan waktu 4 tahun untuk mewujudkan simulator tank AMX ini. 1 tahun pertama dipakai untuk mengembangkan konsepnya, sedangkan untuk produksinya diperlukan waktu 3 tahun. Dalam pembuatannya, pabrik asal Bandung ini membuat sendiri software, model matematik, koneksi antar software, dan visual database simulator ini.

Adanya simulator berharga mahal ini berarti menjadi sinyal bahwa program retrofit tank AMX-13 ini akan diteruskan. TNI sendiri total memiliki hampir 400unit tank tua legendaris ini.

Tahap pertama program retrofit dilakukan terhadap 23 unit tank ringan dari sekitar 400 unit tank jenis AMX-13 (kanon) dan AMX VCI (angkut pasukan). Oleh Pindad kanon tank retrofit ini diganti menggunakan kaliber 105 mm, sistem penembakan dari semula manual menjadi elektronik dan mesin sudah diganti dari semula bensin menjadi diesel.

Baca Juga:  Kaskoarmada II Tinjau Kesiapan Unsur dalam Latihan Kesiapsiagaan Kapal Perang


Tank AMX-13 hasil modifikasi ini memiliki berat 14 ton, Biaya untuk meretrofit tank ini sekitar Rp 7-10 milar, Tentu saja lebih murah dari pada beli tank baru yang paling tidak harganya Rp 30 miliar.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan