Sistem Arhanud MEADS Pengganti Rudal Patriot

MEADS atau Medium Extended Air Defense System ini merupakan ground-mobile air dan missile defense system yang dibangun bertujuan menggantikan Patriot System untuk negara negara NATO, sistem pertahanan ini sendiri hasil kerjasama dengan Amerika Serikat, Jerman dan Italia.

Kedepannya, MEADS akan bertahap menggantikan Patriot Amerika Serikat-Jerman dan Nike Hercules Italia. Keunggulan dari MEADS ini adalah bahwa sistem ini sudah dilengkapi dengan kemampuan pertahanan 360° dan beragam ancaman 3 dimensi lainnya, oh ya MEADS ini juga sistem pertahanan udara pertama di dunia yang memiliki kemampuan continuous on-the-move protection.

Jadi MEADS cocok untuk terus melindungi target yang terus bergerak, bukan target statis saja. MEADS sendiri menggabungkan rudal Lockeeed Martin hit-to-kill PAC-3 Missile Enhancement Enhancement (MSE) dalam sistem termasuk sensor 360° dan fire control system terbaru menjadi satu.

Kelebihan lainnya adalah, MEADS bisa dimasukkan kedalam pesawat kargo kecil hingga medium sekalipun, seperti C-130 Hercules dan A-400M, sehingga mempercepat pengerahan MEADS ke titik titik tertentu dengan cepat. Sistem ini bersama radarnya yang sudah AESA bisa menangkis target dalam jarak 40 km lebih.

Sumber : military-today via IG Mihgty War

Baca Juga:  Rudal Yakhont Tidak Hanya Menyasar Kapal Laut Tapi Juga Bisa Sasaran Lain

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan