Sistem S-400 Akan Punya Rudal Baru Tipe 40N6 Yang Lebih Cepat dan Jauh

Sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia dikabarkan akan memilik senjata rudal terbaru tipe 40N6. Rudal ini akan memiliki jangkauan 400 kilometer dengan kecepatan mencapai Mach-7.

Jika kabar yang dirilis oleh situs militer Janes ini benar. Maka sistem ini bisa melumpuhkan pesawat tempur atau rudal yang terbang di atas Jakarta dari Semarang. Sayangnya, Indonesia belum punya sistem pertahanan udara jarak jauh seperti ini. Kabar pembelian sistem pertahanan udara jarak menengah NASAM juga masih simpang siur.

Menurut kantor berita Izvestia (9/4) Rudal 40n6 sendiri saat ini sedang dalam tahap pengujian akhir dan rencananya akan selesai dalam dua bulan kemudian.


Rudal 40N6 sendiri sudah lama dirumorkan disiapkan untuk S-400, dengan kemampuan hipersonik, mencapai 7 kali kecepatan suara, dan mampu mencapai ketinggian vertikal 185 kilometer dan jarak horisontal-diagonal (slant range) 400 kilometer.


Artinya, dengan rudal 40N6, sistem rudal S-400 dapat difungsikan untuk menangkal ancaman rudal balistik dan pesawat intai pada ketinggian sangat tinggi, atau pesawat pembom. Rudal ini disiapkan untuk menangkal ancaman rudal balistik dan memberikan paket sistem yang ekonomis bagi pembeli sistem S-400. (UC News/Aryo/TSM)

Baca Juga:  Rusia Hidupkan Lagi Kereta Hantu Nuklir Barguzin

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan