Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AL Tahun 2020

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta bekerjasama dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon menggelar kegiatan Sosialisasai Warving Penerimaan Calon Prajurit TNI AL Tahun 2020 kepada Siswa SMK, SMA dan MA se-Kota Cirebon bertempat di SMKN 2 Kota Cirebon, Jalan DR Cipto Mangunkusumo dengan bertema “Bergabunglah Bersama TNI AL Negara Menanti Dharma Bhaktimu Join The Navy To See The World”.

Dalam kegiatan tersebut diputarkan video tentang Prajurit TNI Angkatan Laut dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme siswa-siswi, serta untuk menarik minat para generasi muda bergabung menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut .

Dihadapan ratusan peserta, Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III Kolonel Laut (S) Binsar M. Sirait, S.E., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk merekrut calon prajurit Angkatan Laut di sekolah-sekolah yang ada di Kota Cirebon, baik dari SMK, SMA dan MA.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagaimana tata cara masuk TNI AL, cara mendaftar, dan apa saja yang perlu disiapkan sehingga nanti pada saat melaksanakan tes benar-benar sudah bisa mengikuti kegiatan yang diinginkan oleh staf TNI AL,” ujar Aspers Danlantamal III.

Penerimaan tahun 2020 ini, TNI AL membutuhkan masing-masing untuk :

“Akademi TNI AL (AAL) sejumlah 130 orang dengan rincian Taruna 115 orang dan Taruni 15 orang.
Bintara 1.500 orang terdiri dari Bintara Pria 1.350 orang dan Bintara Wanita (Kowal) 150 orang.
Sedangkan untuk Tamtama sebanyak 1.800 orang, dan perlu diketahui dalam tes ini kita tidak memungut biaya sepeserpun,” tegasnya.

Baca Juga:  China Tuding Amerika Penyebar Virus Wuhan Corona

Pada kesempatan yang sama, Komandan Lanal Cirebon, Letkol (P) Agung Nugroho, S.E., M.Tr.Hanla mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi penerimaan Calon Prajurit TNI AL ini termasuk agenda rutin setiap tahun. Khusus di Cirebon, kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Cirebon mencari bibit calon prajurit TNI AL yang punya standar dari TNI Angkatan Laut.

“Dalam proses penerimaan Calon Prajurit TNI AL tidak ada KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme) apalagi mengeluarkan biaya. Sosilisasi penerimaan Calon Prajurit TNI AL ini akan berlanjut ke seluruh sekolah di Ciamis, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan,” ujar Danlanal Cirebon.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan