Sparabara, Infanteri Bertameng Andalan Persia

Kerajaan Persia terkenal sebagai kerajaan dengan ragam jenis unit pasukan dengan berbagai senjata dan strategi yang biasanya disesuasikan pada musuh yang dihadapi.

Diantara berbagai unit grup pasukan Persia kuno (Archaemenid) biasanya yang sering disebut adalah Immortals. Sebenarnya ada satu unit bernama Sparabara yang juga menarik dibahas. Sparabara adalah tulang punggung pasukan infantri Persia dan mereka yang pertama kali bertugas bertempur jarak dekat dengan musuh.

Ciri khas sparabara adalah perisai panjang, untuk membentuk tembok perisai disepanjang garis depan pasukan Persia. Saat kondisi damai, Sparabara umumnya adalah petani dan gembala; tapi semenjak kecil sudah mendapatkan pelatihan militer. Perlengkapan sparabara cukup sederhana; baju perlindungan dari linen yang dirajut tebal, tombak sepanjang dua meter dan perisai panjang dari anyaman.


Sparabara cukup efektif dalam menghadapi infantri ringan, tapi kesulitan saat menghadapi formasi phalanx hoplite dalam perang Yunani-Persia. Perisai panjang sparabara berguna saat menangkis pedang dan panah, tapi kurang mampu menahan tombak berat dari pasukan hoplite

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan