Spesifikasi Lengkap Rudal MANPADS Buatan PT Pindad

Rasanya tak salah bila ada yang menyebut Indonesia menjadi “surganya” rudal MANPADS (Man Portable Air Defense System), pasalnya jenis rudal ber-genre SHORAD (Short Air Defence System) ini cukup banyak jenisnya, sebut saja ada Strela, Grom, Mistral, RBS-70, Chiron, QW-3, dan yang paling baru Starstreak dari Inggris. Ditengah mendamba kedatangan medium SAM yang tak kunjung tiba, peran MANPADS memang punya porsi tersendiri dalam strategi Arhanud ketiga matra TNI.

Meski cukup banyak memliki varian MANPADS, ironisnya hingga kini Indonesia masih sebatas “negara pasar,” belum ada inovasi dan inisiatif yang berarti untuk mewujudkan rudal MANPADS produksi Dalam Negeri. Berangkat dari kebutuhan yang besar di level satuan, PT Pindad selaku BUMN Strategis telah mengumandangkan proyek MANPADS nasional pada tahun 2016. Tentu bukan perkara mudah untuk mewujudkan rudal hanud yang dipanggul ini, mengingat belum dikuasasinya teknologi sistem pemandu (guidance) dan pendorong (propellant) pada roket berpengendali ini menjadi tantangan tersendiri, yang artinya butuh kemitraan alias ToT (Transfer of Technology) dari industri di luar negeri.

Walau perjalanan mewujudkan prototipe rudal MANPADS masih jauh, namun Litbang PT Pindad telah merilis spesifikasi rudal yang bakal menjadi proyek kebanggan BUMN tersebut. Di beberapa pemberitaan disebut MANPADS Pindad ini akan dilengkapi dengan shaped charge warhead. Konsep desain rudal ini dapat menjangkau jarak antara 1-5 km dengan kecepatan 650 meter per detik.

Baca Juga:  Rebut 36 Medali Emas di Australia, TNI Pertahankan Juara Umum Selama 11 Tahun Ajang AASAM

Namun lebih detail lagi, MANPADS Pindad ini bakal punya berat total 18 kg, bobot tersebut sudah termasuk berat peluncur yang 6,5 kg dan berat rudalnya sendiri 10,5 kg. Tentang rudalnya, meski belum bisa dipastikan, disebut-sebut akan mengandalkan pemandu infra red. Dari berat rudal 10,5 kg, berat hulu ledaknya mencapai 1,82 kg.
Rudal MANPADS harapan nasional ini punya diameter 80 mm, sedikit lebih lebar dari roket FFAR (Folding Fin Aerial Rocket) 2.75 inchi (70 mm). Dan melihat dari mockup yang diperlihatkan, desain rudal MANPADS Pindad nampak mencomot desain FFAR, terutama pada bagian ekor yang menggunakan fin. Rudal MANPADS Pindad punya panjang 1.596 mm.

Dari sisi peluncur, panjang keseluruhan 1.735 mm dengan diameter 106 mm. Jarak tembak ada di rentang 1-5 km dan ketinggian luncur hingga 3.000 meter. Untuk alat pembidiknya, sampai saat ini belum ditentukan jenisnya. Namun jika melihat dari spesifikasi yang disebutkan diatas, maka rudal MANPADS Pindad ini akan masuk ke kelas VSHORAD (Very Short Air Defence System).


Sumber : indomiliter.com/Bayu Pamungkas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan