Standar Baru AU China : Semua Pesawat Tempur Dilapisi Cat Siluman.

Angkatan Udara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) AU China menerapkan standar baru untuk armada pesawat tempur. Dilansir oleh Sputnik (23/32020) AU China akan menerapkan pemakaian lapisan cat siluman (Stealth Coating) pada semua pesawat tempurnya.

Tujuanya agar semua pesawat AU China akan memiliki tingkat tangkapan radar yang rendah (low observable radar) sehingga menyulitkan radar permukaan atau pesawat lawan kesulitan untuk mendeteksi keberadaan jet-jet tempur China.

Selain penggunaan lapisan cat siluman, kebijakan lain yang diatur oleh AU China adalah penanda (marking/insignia) AU China, bendera China dan tanda silang merah yang wajib ada di badan pesawat namun warnanya disesuaikan. Semua kebijakan diatas ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas tempur AU China.

Menurut Analis militer China, pihak AU China kemungkinan besar akan memilih warna-warna yang menyerupai langit seperti warna abu-abu, biru muda dan warna perak yang cukup menyulitkan mata manusia untuk melihatnya di udara.

Untuk penggunaan, AU China akan mengaplikasikan cat siluman tersebut ke seluruh jet tempurnya baik yang berdesain siluman yaitu J 20 maupun yang berdesain konvensional seperti J 11 dan J 16 yang keduanya dikembangkan dari jet tempur Rusia yaitu Su 27.

Baca Juga:  India Akan Pamerkan Purwarupa Helikopter IMRH 12 Ton di Aero India 2017