Stealth Incidents, Tabrakan Antar Kapal Selam

Kapal selam adalah salah satu aset militer yang paling sulit untuk dicari dan dilacak, karena pergerakannya yang berada di bawah permukaan air dan keterbatasan moda pencarian di bawah permukaan pada suara (sonar). Oleh karena itu, kapal selam sering mendapat tugas di perairan dekat negara adversary yang menuntut kesenyapan seperti penyadapan kabel komunikasi bawah air, pengintaian kapal selam adversary dan pangkalannya, pengamatan ujicoba SLBM lawan, pemasangan alat pengumpulan intelijen di dasar laut, hingga recovery peralatan yang berada di dasar laut.

Acapkali, keberadaan sebuah kapal selam yang sedang menjalankan operasi di area tertentu baru diketahui setelah terjadinya sebuah ‘stealth incident’, ketika kapal selam tersebut mengalami insiden tabrakan dengan kapal selam lain atau insiden sejenis. Berikut beberapa contoh ‘stealth incident’ yang pernah terjadi:

1. USS Grayling – K-407 Novomoskovsk (20 Maret 1993)

Tabrakan antara kapal selam Sturgeon-class USS Grayling dengan Delfin-class K-407 lepas Kola Peninsula. Grayling sedang menjalankan pengintaian sebagai bagian dari Operation Holy Stone. Grayling sedang menguntit K-407 yang sedang menjalankan latihan tempur dari jarak 11-13 km, namun kehilangan kontak ketika K-407 berputar arah saat mencapai ujung area latihan. Grayling menambah kecepatan ke lokasi kontak terakhir, akan tetapi begitu kontak didapatkan kembali, Grayling dan K-407 sudah berada dalam posisi head-to-head dengan jarak hanya 1 km. Grayling menabrak struktur atas K-407 dan menderita kerusakan minor. Kapal selam Rusia tersebut mengalami scratch besar di bagian kanan haluan.

Baca Juga:  Rusia Ciptakan Senjata Elektronik Penghancur Drone

2. USS Baton Rouge – B-276 Kostroma

Tabrakan antara kapal selam Los Angeles-class USS Baton Rouge dengan Siera-class B-276 lepas Pulau Kildin, dekat pangkalan AL Rusia di Severomorsk pada tanggal 11 Februari 1992. Baton Rouge dikatakan sedang menjalankan misi pengumpulan intelijen. Kedua kapal tersebut hanya menggunakan sonar pasif pada waktu itu, dan karena hambatan dari perairan dangkal serta ombak, keduanya tidak dapat mendeteksi satu sama lain. B-276 menabrak Baton Rouge di bagian bawah belakang. Baton Rouge tidak menderita kerusakan mayor, namun mengalami beberapa scratch, dent, serta cut di bagian port ballast tank.

3. USS James Madison Collision


Insiden yang ditutupi selama 43 tahun ini diketahui dari sebuah cable rilisan CIA yang ditulis Brent Scowcroft kepada Secretary of State Henry Kissinger, tertanggal 3 November 1974. Isi cable tersebut adalah kabar bahwa kapal selam misil balistik James Madison-class USS James Madison telah mengalami tabrakan dengan kapal selam Victor-class milik Soviet. Pada saat kejadian, James Madison sedang berangkat dari Holy Loch (Skotlandia) dan Victor-class Soviet tersebut baru akan mengikutinya. Kedua kapal selam sempat naik ke permukaan sebelum menyelam kembali.


Sumber: Hex / Lihgting Ii Chan

https://en.wikipedia.org/wiki/Submarine_incident_off_Kildin_Island

https://en.wikipedia.org/wiki/Submarine_incident_off_Kola_Peninsula

https://www.cia.gov/library/readingroom/docs/LOC-HAK-262-2-14-3.pdf

https://www.armscontrol.ru/subs/collisions/db080693.htm

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan