Su-27 dan Su-30 Akan Dilengkapi Rudal R-27 Ukraina

Dalam pameran Indo Defence 2016 – Pemimpin dari Ukboronpron (kobsorsium senjata Ukraina) dan TNI yang diwakili oleh Asisten Askomlek Panglima TNI Marsda TNI Bonar Hutagaol dan Wakil Kepala Staff Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja menunjukkan minat yang kuat pada salah satu persenjataan pesawat tempur Sukhoi buatan Ukraina.

Yaitu rudal udara-ke-udara R-27 buatan pabrikan Artem Ukraina, yang merupakan persenjataan standar Sukhoi Su-27 dan Su-30. Ukraina sensiri mendapat warisan teknologi persenjataan dari Rusia. 

Perusahaan Artem Ukraina terus mengembangkan kemampuan rudal pemburu pesawat tempur,  R27 dengan meningkatkan daya jangkauan dan sistem pembimbingnya.


Pihak Barat memberi R27 dengan sandi nama : AA-10 Alamo,  adalah rudal udara-ke-udara medium yang terdiri dari berbagai varian sistem seeker dan daya jangkau. Yang terpendek, R-27R dengan sistem bimbingan semi-active radar hooming memiliki jangkauan 80 km, sedangkan yang terjauh, R-27AE dengan sistem bimbingan active radar hooming, dan R-27EM dengan bimbingan semi-active radar hooming memiliki jangkauan 130 dan 170 km.


Dengan kerjasama yang erat antara Artem dengan militer Indonesia, diharapkan persenjataan pesawat tempur Su-27 dan Su-30 Angkatan Udara Indonesia semakin lengkap dan semakin mematikan. Terutama untuk mampu bersaing dengan pesawat-pesawat tempur tetangga yang dilengkapi persenjataan yang juga semakin canggih.

Baca Juga:  TNI AU dan AU Thailand Bentuk Grup Negara Pengguna Pesawat T-50

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan