Su-35 Rusia Permainkan P-8A Poseidon, Amerika Protes

Amerika Seriakt melayangkan protes terkait manuver Sukhoi Su-35 milik Rusia atas Pesawat P-8A Poseidon di atas Laut Mediterania.

Dikutip dari The Aviation Geek Club (16/4/2020) pada tanggal 15 April 2020 sebuah jet tempur Su 35 Rusia mencegat sebuah pesawat intai P 8A Poseidon milik AL AS, tidak hanya mencegat saja namun jet tempur superioritas udara milik Rusia ini melakukan terbang akrobatik secara terbalik (inverted) tepat di depan pesawat AS tersebut.

Atas tindakan tidak professional tersebut lagi-lagi AL AS yang diwakili oleh Armada ke 6 yang bermarkas di Italia menyatakan protes keras terhadap tindakan Rusia tersebut. “maneuver tersebut membahayakan pilot dan kru kamu, para kru Poseidon melaporkan pesawat mereka mengalami turbulensi setelah berinteraksi dengan pesawat Rusia selama 42 menit”

Lebih lanjut pejabat Armada ke 6 AL AS mengatakan “Kami berharap mereka berperilaku sesuai standar internasional yang ditetapkan untuk memastikan keselamatan dan untuk mencegah insiden, termasuk Perjanjian 1972 untuk Pencegahan Insiden Di Lautan. Kami tetap konsisten dengan hukum internasional dengan tidak memprovokasi aktivitas Rusia”

Insiden ini bukan yang pertama kalinya karena pada 4 Juni 2019 lalu Su 35 tiga kali mencegat P 8A Poseidon di atas Laut Tengah, menurut AL AS saat itu interaksi pertama dan ketiga dianggap aman namun interaksi kedua dianggap tidak aman karena Su 35 melakukan pencegatan dengan kecepatan tinggi di depan pesawat. Akibat pencegatan tersebut pesawat Poseidon mengalami turbulensi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan