Sukhoi Su-27 dan F-16 Tertangkap Kamera Dogfight di Langit Amerika Serikat

Area 51 dikenal sebagai pangkalan udara yang sangat rahasia dan merupakan bagian dari Edwards Air Force Base. Seorang warga sipil penggemar fotografi pesawat bernama Phil Drake, berhasil memotret pesawat F-16 Fighting Falcon yang sedang melakukan dogfight melawan Sukhoi Su-27 Flanker di atas langit Area 51. 
Foto tersebut diambil di sekitar lembah Tikabo, dekat danau Groom, Nevada, Amerika Serikat (AS). Dalam pengakuanya,  gambar foto itu diambil pada tanggal 8 November, itu adalah hari pemilihan Presiden AS saat semua mata warga AS fokus pada perhitungan suara.

Phil Drake sendiri malah mengunjungi Nevada, karena ia mendengar adanya sebuah proyek uji coba pertahanan. Ia berharap bisa mendapatkan sesuatu tentang program pertahanan AS terbaru yang sedang diuji itu.

Saat di lokasi dia mendengar suara pesawat tempur yang tak biasa didengar di langit AS. Phil Drake mencari asal suara itu di langit biru dan menemukan bintik kecil yang mirip pesawat jet tempur. Ia yakin dari situlah suara jet itu berasal karena ia meninggalkan asap putih (contrail) yang terlihat jelas.

Ia menyangka pesawat tersebut adalah jet tempur buatan Russia Su-27 Flanker. Namun tidak terlihat tanda-tanda yang menunjukkan identitas pesawat tersebut.


PhilDrake kemudian mengambil kameranya dan memotret kejadian tersebut yang nampaknya melakukan dogfight antara F-16 dan Su-27.

Kedua pesawat melakukan penghadangan satu sama lain dan melakukan manuver-manuver di ketinggian 30 ribu hingga 20 ribu kaki. Kedua pesawat beberapa kali juga terlihat berpapasan dengan jarak yang amat dekat.

Sejak lama AS memang membeli pesawat tempur milik negara lain terutama musuhnya untuk digunakan sebagai lawan latihan dalam simulasi perang. Saat perang Korea, AS bahkan menyebarkan selebaran dan mengiming-imingi pilot Mig-21 asal Korea Utara untuk membelot dengan membawa pesawat tersebut karena AU AS dan Koalisinya mulai kewalahan dengan jet tempur legendaris Soviet tersebut. 

Dogfight itu berlangsung setidaknya sekitar 25 menit sebelum mereka menanjak tinggi dan terbang ke wilayah udara terlarang dekat danau Groom.

Baca Juga:  Duterte Beli Senjata Dari China

Tidak ada keterangan resmi ataupun isu soal tujuan dogfight ini. Yang bisa dipastikan hanyalah keduanya sedang berkolaborasi untuk menguji sesuatu.

Area 51 sendiri memang sudah dikenal sebagai pangkalan udara yang sangat rahasia. Area 51 merupakan bagian dari Edwards Air Force Base dan menempati bandara Homey. Bandara itu diambil alih oleh AU AS (USAF) tahun 1955 untuk menjadi tempat uji coba terbang pesawat U-2 Dragon Lady buatan Lockheed.


sumber: the avionist.com /angkasa.co.id

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan