Sukhoi Su-30 India Berhasil Melacak Pesawat Siluman China J-20

China mengklaim jika pesawat tempur terbarunya Chengdu J-20 telah memiliki kemampuan Siluman, tidak terdeteksi radar. Namun Angkatan Udara India mengklaim pesawat Sukhoi Su-30MKI miliknya mampu melacak dan mendeteksi pesawat jiplakan F-22 Raptor tersebut.

Komandan Angkatan Udara India Arup Shaha mengonfirmasi pelacakan J-20 China tersebut, yakni saat melakukan pelatihan penerbangan di atas wilayah Tibet. Su-30MKI mendeteksi dan melacak jet tempur siluman kebanggan Beijing itu dari wilayah udara India.

Klaim militer India tersebut bisa meruntuhkan reputasi pesawat tercanggih milik China tersebur yang salama ini dianggap sebagai pesaing jet tempur F-35 Amerika Serikat (AS) dan Su-57 Rusia.


Chengdu J-20 dikembangkan sejak tahun 2002 dan mulai beroperasi pada tahun 2017. Baru-baru ini, pesawat jet tempur siluman tersebut melakukan latihan tempur perdananya.

“Radar Sukhoi dapat melihatnya. Jet China baru tidak begitu tidak terlihat. Tidak ada teknologi khusus yang diperlukan untuk mendeteksi J-20, karena dapat dideteksi oleh stasiun radar biasa,” kata Shaha, yang dilansir dari Indian Defence Research Wing, Minggu (20/5/2018).


China yang mengembangkan jet tempur J-20 sejak tahun 2002 hingga saat ini telah memiliki sembilan prototipe dan dua unit pra-seri. Beijing mengklaim J-20 baru-baru ini telah berhasil menyelesaikan latihan tempur pertamanya, tanpa menyebutkan lokasi. (Sumber: TSM/Sindonews)

Baca Juga:  Klaim Temukan Kelemahan Iron Dome, Iran Siapkan 100.000 Roket

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan