Sukhoi Su-30 Milik AU Aljazair Jatuh, 2 Pilot Tewas

Pesawat tempur Su-30MKA milik Angkatan Udara (AU) Aljazair jatuh di Oum El Bouaghi, sebuah kota di timur laut Aljazair, Senin (27/01) malam, menurut laporan saluran TV An-Nahar.

Pembom tempur Su-30MKA dari Skuadron Tempur ke-121 jatuh pada Senin malam dalam suatu latihan rutin di dekat sebuah desa bernama distrik Mechta Draa Tafza, Ain Zitoun, wilayah Oum El Bouaghi, di timur laut Aljazair.

Menurut data awal, dua pilot yang berada di dalam jet tempur tewas.Dokter dan aparat keamanan telah dikirim ke lokasi kecelakaan.

Sejak 2006, Aljazair telah menandatangani beberapa kontrak dengan Rusia untuk pengiriman jet tempur Su-30MKA. Pada tahun 2019, Angkatan Udara Aljazair memiliki total 58 pesawat model ini.

Sukhoi Su-30 atau yang memiliki kode NATO: Flanker-C ialah pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia. Pesawat tempur ini dibuat pada tahun 1996. Istimewanya pesawat tempur Sukhoi Su-30 ialah efektif dipakai sebagai pesawat serang darat. Kemampuan Sukhoi Su-30 bahkan bisa disandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle dari Amerika Serikat.

Baca Juga:  Singapura Kembangkan Perangkat Pelatihan untuk Kapal Selam