Sukhoi Su-30 TNI Pulang Dari Belarusia Setelah Diservis

Satu unit pesawat tempur Sukhoi Su-30MK milik TNI AU pulang ke tanah air setelah menjalani perawatan mesin di Belarusia. Pesawat tersebut tiba dengan diangkut pesawat kargo Antonov An 124-100M Ruslan pada 28 Juli 2019 pukul 07.30 WITA.

Berdasarkan data dari pihak Imigrasi pesawat sempat transit di Sri Langka sebelum mendarat di Makassar. Dengan 20 awak yang semuanya warga negara Ukraina..

Fighter ini dibawa kembali pulang ke Indonesia dari Belarusia setelah menjalani perawatan berat.

Untuk bisa diangkut ke dalam pesawat An 124, jet tempur Su-30 harus dilepas beberapa bagiannya, seperti sayap tengah, sayap ekor dan ekor tegaknya.


Bagian-bagian tersebut akan dirakit kembali di Skadron Teknik 044 Lanud Sultan Hasanuddin. Setelah selesai menjalani perakitan, pesawat akan menjalani uji terbang oleh pilot uji untuk memastikan semua sistem bekerja dengan sempurna.


TNI AU mengoperasikan 16 unit pesawat tempur Su-27 dan Su-30 yang dibeli dari Rusia sejak tahun 2003. Jet tempur ini dioperasikan oleh Skadron Udara 11 yang ber-home base di Makassar.

Sukhoi Su-30 (kode NATO: Flanker-C) adalah pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996. Pesawat ini adalah pesawat tempur multifungsi, yang efektif dipakai sebagai pesawat serang darat. Pesawat ini dapat disandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle dari Amerika Serikat.

Baca Juga:  Dubes Rusia, Minta Indonesia Bersabar Menunggu Produksi Sukhoi Su-35

3 Komentar

  1. Bisa, tapi mslhnya sanggup tdk kemenhan membayar biayanya, sbb sgt mahal skl. Komponen yg cocok radar AESA, snjt2 baru yaitu misil2 baru, mesin yg bisa thrust vectoring, IRST baru, dll

    • kan kita tingal jual nama…atas nama pans boy rusia…sapa tau dikasih hutangan…atau malah gratisan…percuma dong…banyak nya pans rusia dinegara ini…masak pans tidak punya nilai jual apa dampak positif….wkwkwkwkwk….pans adalah jembatan dua negara…yang merekatkan hati bagi petinggi rusia indonesia…masak tega buat pans patah hati….wkwkwkwk….kayak sinetron antara jakarta moskow aja….!!!

Tinggalkan Balasan