Sukhoi Su-35 vs Mikoyan Mig-35, Siapa Yang Terbaik?

Dua perusahaan pesawat asal Rusia akhirnya merilis versi pesawat 4,5Gnya. Pabrikan Sukhoi dengan Su-35 dan Mikoyan dengan MiG-35 (kode NaTO Fulcrum-F) dua pesawat tempur yang terlihat memiliki peran dan kemampuan yang hampir mirip.

Dua pabrikan pesawat tempur asal Rusia tersebut telah mentereng reputasinya sebagai penghasil pesawat tempur terbaik di dunia, dan juga lebih murah dari pesawat tempur buatan AS. Pesawat buatan Mikoyan mungkin bisa diklaim lebih battle proven karena menjadi tulang punggung andalan sejak era Soviet dan terlibat dalam banyak perang termasuk yang paling legendaris adalah Perang Korea. Dimana MiG-21 berjaya di udara menghadapi pesawat-pesawat tempur dari sekutu Amerika Serikat.

Namun di era Rusia, pabrikan Sukhoi lebih banyak mendapat kepercayaan. Antara Su-35 dan Mig-35, sebenarnya keduanya memiliki kelebihan yang berbeda namun saling mengisi kekurangannya masing-masing.

Su-35 adalah pesawat tempur yang berukuran lebih besar dan merupakan jawaban Rusia untuk pesawat tempur siluman F-35. Su-35 memiliki jangkauan tempur yang lebih jauh dan persenjataan yang lebih baik, dan dapat berfungsi sebagai DPSA (deep penetration strike aircraft) atau pesawat tempur dengan kemampuan serangan jauh ke dalam wilayah musuh.

Sedangkan MiG-35 lebih murah dan sedikit lebih ringan, dengan spesialisasi sebagai pesawat intersep murni atau pesawat tempur tactical support. MiG-35 diprediksi akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal manuver dan kecepatan, mewarisi kelincahan MiG-29 dalam dogfight di udara.

Baca Juga:  China Terima Kiriman Pesawat Sukhoi Su-35 Lagi

Sebagai informasi, MiG-29 India pernah menjadi pesawat tempur yang mengunci F-16 pakistan dengan rudal BVR (beyond visual range) selama konflik Kargil, menjadikan AS sangat mewaspadai MiG-29, dan kelak akan mengandalkan F-35 untuk mengatasinya.

MiG-35merupakan pengembangan dari MiG-29, bahkan dapat dikatakan merupakan versi upgrade dari MiG-29. Sebagai penerus pesawat populer, Mikoyan diyakini tak akan kesulitan menjual MiG-35. 

Meski saat ini masih dalam tahap test flight pesawat yang dikembangkan sejak 2007 telah banyak diorder. Rusia dilaporkan telah memesan 37 unit yang akan dikirim pada 2018. Sedangkan mesir, sejak tahun 2015 telah meneken kontrak pembelian 50unit MiG-35 dengan nilai kontrak 2 Milyar dollar.

Su-35 adalah pesawat tempur generasi 4++ dan salah satu yang terbaik di dunia. Selain Rusia, Cina kini juga memiliki Su-35. Ini adalah pesawat tempur superioritas udara dan saling melengkapi dengan MiG-35.


India pernah menolak Su-35 dan lebih memilih pesawat tempur Rafale buatan Perancis. Andai terjadi konflik dengan China, Rafale mungkin akan berhadapan dengan Su-35 China dan masih harus dilihat mana yang terbaik antara Su-35 dan Rafale.

Dalam pertempuran dan misi jarak jauh, Su-35 lebih unggul dibandingkan MiG-35, Su-35 sangat tepat melakukan serangan jauh ke dalam wilayah musuh dan menghancurkan target potensial di darat, tapi dalam pertempuran singkat dan jarak dekat, MiG-35 adalah jagonya.

Baca Juga:  India Incar Pesawat KT-1 Wong Bee Korea Selatan

Bisa dikatakan keduanya adalah sama-sama pesawat tempur generasi 4++ terbaik di dunia, hanya waktu nantinya yang akan menentukan siapa yang terbaik diantara keduanya.

sumber: us.blastingnews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan