Sukhoi Su-70 Pesawat Siluman Tanpa Awak Rusia Terbang Perdana

Pesawat tempur tanpa awak Su-70 Okhotnik-B Rusia lolos uji tes terbang perdana. Kabar tersebut dirilis resmi oleh Kementerian Pertahanan pada hari Rabu (7/8/2019).

Ini adalah kali pertama, Rusia mengakui keberadaan alutsista yang selama ini cuma rumor aja. Pesawat nirawak yang diklaim mampu membawa 2 ton bom untuk misi tempur itu pernah muncul di landasan pacu bersalju di Siberia akhir Januari 2019.

Uji terbang pertama kali Su-70 Okhotnik-B dilakukan di lapangan terbang militer yang dirahasiakan dan berlangsung selama 20 menit.

“Kendaraan udara yang diterbangkan oleh operator membuat beberapa lingkaran di sekitar lapangan terbang pada ketinggian 600 meter dan kemudian berhasil mendarat,” kata kementerian tersebut, yang kemudian merilis video penerbangan perdananya.

Tidak jelas di mana pengujian penerbangan itu terjadi. Sebuah gambar satelit pernah menunjukkan Su-70 Okhotnik-B berada di jalur penerbangan ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Pusat Uji Penerbangan Negara Chkalov ke-929 di wilayah Astrakhan pada 14 Mei lalu.

Media pemerintah Rusia pernah mengumumkan rencana untuk penerbangan perdana pesawat itu pada bulan Mei. Pengumuman saat itu mengatakan, penerbangan perdana kemungkinan terjadi sekitar bulan Juli atau Agustus 2019. Seorang sumber di industri pembuatan pesawat mengatakan kepada TASS bahwa penerbangan pertama akan dilakukan di Sukhoi Novosibirsk Aircraft Plant.

Drone yang dirancang Biro Desain Sukhoi itu berbentuk seperti sayap yang sedang terbang dengan ukuran cukup besar. Pesawat itu diklaim media pemerintah kurang bisa dideteksi radar karena bentuk dan lapisannya. “Drone ini dilengkapi dengan peralatan untuk optik-elektronik, teknik radio dan jenis kegiatan pengintaian lainnya,” tulis TASS dalam laporannya.

Baca Juga:  Pesawat Tempur F-18 Hornet Pensiun Dari AL Amerika Serikat

Sumber: sindonews.com

1 Komentar

  1. masih perlombaan tiga negara…yang lainya duduk manis sambil berhayal ada bintang jatuh…lalu ada negara lain memberikan transper elmu nya…!!!
    nilai jual dan daya tawar suatu negara banyak macamnya….tapi yang sedih bila kita tidak punya semua nya…!!!

Tinggalkan Balasan