Super Tucano Brasil Intersep Pesawat dengan Muatan Kokain

Pesawat serang turboprop A-29 Super Tucano Angkatan Udara Brasil (FAB) mengintersep pesawat turboprop Piper Seneca bermesin ganda dengan muatan kargo kokain seberat 500 kg yang terbang di atas wilayah udara negara itu tanpa flight plan.

Menurut planobrazil.com, pesawat A-29 Super Tucano dari AU Brasil tersebut mengintersep pesawat Piper PA-34-200T Seneca II milik swasta dengan registrasi PR-EBF dengan lebih dari 500 kg kokain didalamnya sekitar pukul dua siang waktu setempat pada hari Selasa (06/03), di wilayah Nova Fernandópolis (MT).

Angkatan Udara Brasil gencar membasmi aktivitas udara ilegal di daerah perbatasannya dengan Bolivia dan Paraguay, yang digunakan untuk menyelundupkan kokain. Operasi tersebut melibatkan sekitar 800 personil militer dan lebih dari 30 pesawat, termasuk pesawat airborne early warning and control E-99 (Erieye), pesawat pengintai R-35A dan RA-1, serta helikopter tempur AH-2 Sabre (Mi-35M) dan H-60 Black Hawk.

Super Tucano dirancang untuk membawa beragam senjata tempur, baik yang “smart” atau konvensional. Persenjataannya terintegrasi sepenuhnya dengan sistem avionik dan terdiri dari persenjataan dan sensor yang mutakhir.


Selain dua senapan mesin internal, Super Tucano dapat dikonfigurasi dengan persenjataan tambahan dibawah sayapnya, seperti dua senapan meriam 20mm atau senapan mesin 0,50″, sehingga meningkatkan daya tembaknya secara signifikan untuk misi yang membutuhkan saturasi tembakan udara ke darat.

Baca Juga:  Drone Mata-Mata Global Hawk Amerika Berkeliaran di Dekat Crimea Rusia

Hardpoint terluarnya memungkinkan pemuatan dan penembakan rudal udara jarak pendek kelas AIM-9. Semua hardpointnya dapat dimuati bom Mk 81 atau Mk 82 (konvensional atau dilengkapi dengan kit pemandu), dan peluncur roket SBAT-70/19 atau LAU-68.
(defence-blog.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan