Suriah Dapat Kiriman Pesawat MiG-26 Baru Dari Rusia

Kantor Berita Arab Suriah (SANA) mengumumkan pada 30 Mei bahwa Angkatan Udara Arab Suriah (SyAAF) telah menerima kiriman pesawat tempur Mig-29 dari Rusia.

Sebuah sumber militer mengatakan kepada media yang dikelola pemerintah bahwa jet tempur baru itu diserahkan kepada SyAAF dalam upacara resmi di Pangkalan Udara Hmeimim Rusia di Lattakia selatan. Sumber itu mengatakan bahwa jet tempur baru itu lebih “canggih” dan “versi upgrade”

“Pesawat-pesawat tempur ini, yang lebih efektif daripada generasi sebelumnya, terbang dari Pangkalan Udara Hmeimim ke daerah penyebarannya di pangkalan udara Suriah,” kata sumber itu.

Menurut sumber itu, Mig-29 baru akan mulai aktif berdinas dengan SyAAF pada 1 Juni. Jet tempur akan berpatroli di wilayah udara Suriah.

Sumber militer tidak memberikan jumlah pasti Mig-29 yang dikirim ke SyAAF atau membagikan detail apa pun mengenai spesifikasinya.

Baru-baru ini, sejumlah besar jet tempur Mig-29 memang terpantau berada di Pangkalan Udara Hmeimim. Sementara AS mengklaim bahwa sebagianya telah dikerahkan di Libya, dan sebagian lagi diserahkan ke SyAAF.

Setidaknya 20 Mig-29 selama ini telah beroperasi dengan SyAAF sebelum pengiriman yang baru ini. MiG-29 Suriah ditingkatkan ke standar khusus, yang dikenal sebagai SM. Hal ini memungkinkan mereka untuk menembakkan rudal udara-ke-udara (BVRAAM) udara-ke-udara-jangkauan-visual dan dipandu dengan presisi. Selanjutnya, Mig-29SM dilengkapi dengan sistem gangguan aktif.

Baca Juga:  Vietnam Berencana Beli Pesawat Su-57 Dari Rusia, Berambisi Jadi Yang Terkuat di ASEAN

Sumber militer mengklaim bahwa Mig-29 yang baru dikirim lebih maju daripada yang ada dalam layanan dengan SyAAF, yang berarti mereka mungkin Mig-29SMT atau Mig-29Ms.

Mig-29 yang baru akan meningkatkan kemampuan SyAAF, yang gagal mengawal zona larangan terbang di atas wilayah barat laut Provinsi Idlib selama perang terakhir dengan Turki.

Pengiriman jet tempur ini adalah contoh dari kemitraan yang terus tumbuh antara Suriah dan Rusia. Sehari sebelumnya, Moskow mengumumkan akan memulai perundingan dengan Damaskus untuk mengamankan pangkalan baru bagi pasukannya di pantai Suriah.

1 Trackback / Pingback

  1. Suriah Kembali Terima Kiriman Pesawat Tempur Dari Rusia, MiG-29 dan Su-24 – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan