Swedia Batalkan Kanibalisasi Gripen Lawas Ke Gripen Baru

Pemerintah Swedia akhirnya membatalkan keputusan awal mereka untuk menggunakan kembali sejumlah komponen bekas pakai dari jet tempur SAAB JAS-39C/D Gripen miliknya untuk dikanibalisasi dan digunakan dalam produksi jet tempur Gripen-E

Swedia merasa bahwa langkah tersebut cukup ‘beresiko’ karena mengurangi kesiagaan armada Angkatan Udaranya, sementara aktivitas Rusia terus meningkat. Pemerintah Swedia pun memberikan kontrak baru senilai 47,5 juta Dolar AS pada 21 Desember 2018 untuk mengadakan komponen baru pengganti.

AU Swedia sendiri memesan 60 unit Gripen-E, yang pada kontrak awal pada 2013 menggariskan bahwa sejumlah suku cadang Gripen-C/D akan dikanibal untuk dipasang ke Gripen-E. Dengan begini, tempo operasional akan terus terjamin untuk menjawab tantangan Rusia.


Gripen-E pertama dijadwalkan akan diserahkan ke AU Swedia pada akhir tahun 2019, dengan harapan status IOC (Initial Operational Capability) bisa tercapai pada tahun 2023 untuk menjaga langit Swedia. Gripen-E sendiri dilengkapi dengan mesin baru GE F414 yang juga mentenagai EA-18G Growler, sehingga diharapkan jet tempur baru Skandinavia ini akan memiliki kelincahan yang lebih tinggi.


Sumber: FlightGlobal/ UC News (Aryo Nugroho)

Baca Juga:  Modernisasi Pesawat Ilyushin IL-76MD Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan