Swedia Borong Rudal Patriot Amerika Senilai 1 Milyar Dollar

Swedia dikabarkan telah sepakat sistem pertahanan udara rudal Patriot buatan Raytheon senilai 1,2 miliar dolar AS. Pembelian ini penting bagi sistem pertahanan udara di tengah meningkatnya ketegangan regional dan meningkatnya teknologi rudal balistik secara global terutama ancaman dari Rusia.
Kesepakatan antara Pemerintah Swedia dengan Raytheon diteken pada Selasa (7/11) dalam kesepakatan itu, disebutkan bahwa pengiriman rudal patriot akan dimulai tahun 2020 dan sistem tersebut akan beroperasi paling lambat 2025.

“Berdasarkan tender ini dan keputusan Riksdag (Parlemen Swedia) mengenai proposal untuk mendapatkan sistem
pertahanan udara jarak menengah baru dalam RUU anggaran 2018, pemerintah akan membuat keputusan akhir mengenai akuisisi tersebut, selama tahun 2018,” kata pemerintah Swedia sebagaimana dikutip Reuters, Rabu
(8/11).

Raytheon mengatakan, pengumuman Swedia membawa mereka lebih dekat untuk bergabung dengan kelompok negara- negara Eropa yang bergantung pada Patriot untuk bertahan melawan rudal balistik dan jelajah, serta pesawat tempur yang canggih.

Raytheon telah membangun lebih dari 220 unit Patriot dan mengirimkannya ke pelanggan di 13 negara termasuk Belanda dan Jerman.


Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV) telah diberi wewenang untuk mengirimkan letter of request ke Amerika Serikat, dan untuk melakukan negosiasi pengadaan sistem Patriot. Nilai kontrak diperkirakan melebihi 10 miliar krona Swedia (1,2 miliar dolar AS).

Sementara pemasok senjata nomor 1 dari Pentagon, Lockheed Martin Corp, mengatakan pada bulan Agustus pelanggannya ingin mempertahankan diri dari kemungkinan serangan rudal yang masuk dan semakin banyak bertanya mengenai sistem pertahanan rudal.

Baca Juga:  Rusia Memusnahkan Stok Sisa Senjata Kimia Terakhirnya

Sumber : gardanasional.id, reuters.com ditulis oleh Angga Saja TSM

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan