Swedia Mulai Produksi Gripen F Untuk Brasil

Pabrik Saab di Swedia telah melakukan pemotongan logam pertama untuk pesawat tempur dua kursi Gripen F, yang menandai tonggak penting dalam program penjualan pesawat ini kepada Brasil.

Gripen F sedang dikembangkan untuk Angkatan Udara Brasil (FAB) dan memiliki desain dan fitur canggih yang sama dengan Gripen E, tetapi dengan kursi, layar, dan kontrol untuk anggota awak kedua. Gripen F memiliki mode pelatihan untuk pembelajaran satu anggota kru dan mode di mana kedua anggota kru dapat berbagi beban kerja dengan pengaturan tampilan yang berbeda.

Bagian pertama pesawat telah dibuat baru-baru ini di fasilitas Saab di Linköping, untuk bagian saluran udara tepat di belakang kokpit pesawat.

Program industri bersama pada Gripen F adalah antara Saab dan perusahaan mitra Brazil Embraer, AEL Sistemas, Akaer dan Atech. Saat ini, sekitar 400 insinyur bekerja dengan pengembangan Gripen F, terutama di Gripen Design and Development Network (GDDN) di pabrik Embraer di Gavião Peixoto, negara bagian São Paulo, Brasil. Manufaktur pesawat akan berlangsung di Swedia dan Brasil.

Brasil telah memesan 28 pesawat tempur Gripen E yang akan dikirim ke Brasil mulai dari tahun 2021 dan delapan pesawat tempur Gripen F, mulai dari tahun 2023.

Gripen F juga ditawarkan oleh Saab ke Finlandia untuk program penggantian pesawat tempur mereka.

Sumber : airrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan