Swedia Terima Pesanan Thailand Untuk Technical Support Grippen

FMV, Perusahaan Alutsista dibawah  Kementrian Pertahanan Swedia mengkonfirmasi telah menerima order dari Royal Thai Air Force (RTAF) untuk menyediakan keperluan dukungan bagi pesawat Gripen. 

Berbagai keperluan untuk Gripen tersebut termasuk pemeliharaan dan pasokan suku cadang tetapi juga dukungan dan update teknis. Ini adalah order yang akan dikerjakan selama tiga tahun, 2017-2019.

“Rasanya sangat baik bahwa kita telah berhasil mencapai kontrak lagi dengan RTAF” kata Martin Mann, manajer proyek untuk Gripen Thailand. “Sebelumnya, kami mendapat order satu tahun dan pesanan lebih lanjut memberikan FMV peluang dalam melakukan perencanaan.”


12 Gripen yang dipesan dari FMV dibagi menjadi dua tahap kontrak, yaitu 2008 dan 2011. Batch kedua dikirim pada 2011 dan 2013, dan kontrak pasokan terakhir dikirim pada tahun 2016.

“Dukungan baru menandai suksesnya transisi dari tahap pengiriman ke tahap operasional di Thailand”, kata Martin.

Selain pesawat Gripen, FMV juga menyediakan kontrol tempur dan dua Saab 340 AEW airborne reconnaissance radar, dan pesawat transportasi Saab 340B untuk RTAF. Pada bulan Desember, FMV juga mendapat pesanan untuk dukungan komponen pesawat AEW.


 “Ini sangat menggembirakan dan kami terus bekerja untuk solusi jangka panjang, bahkan untuk sistem AEW di Thailand,” kata Martin.

Total order dirahasiakan oleh  commercial confidentiality.

sumber: fmv.se

Baca Juga:  Wakil Presiden AS Kunjungi Perbatasan Korea Utara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan