Swedia Uji Rudal Pertahanan Udara IRIS Versi Darat, Cocok Buat TNI

Swedia adalah negara produsen senjata canggih yang cukup mantab, mulai dari radar, pesawat tempur sampai rudal pertahanan udara. Hanya yang menjadi masalah adalah posisi Swedia yang bukan negara superpower menjadikanya tidak memiliki nilai tawar.

Salah satu yang bikin ngiler dan sebenarnya cocok buat TNI adalah Rudal pertahanan udara (arhanud) IRIS-T versi darat RBS 98. TNI sendiri baru sebatas wacana kebutuhan untuk pertahanan udara kelas medium seperti ini.

Angkatan Darat (AD) Swedia baru saja mengoperasikan rudal IRIS-T RBS 98 untuk menggantikan sistem rudal RBS 70.

Empat rudal dibawa pada versi khusus kendaraan lapis baja beroda rantai BV 410. Sasaran dalam uji tembak tersebut adalah salah satu pesawat target tak berawak FMV.

Manajer proyek untuk pengenalan sistem baru, Mayor Joakim Olsson, tidak memberikan perincian tentang tes tersebut, karena sebagian besar pekerjaan uji tersebut bukan merupakan informasi publik. “Masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dengan verifikasi, tetapi kami sudah yakin bahwa sistem tersebut sangat kompeten, yang memberikan kemampuan operasional yang meningkat secara signifikan,” kata Joakim Olsson.

Sementara itu Angkatan Darat Norwegia telah memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara yang sama dalam sebuah akuisisi langsung dari Kongsberg Defense & Aerospace. Pengiriman direncanakan untuk tahun 2018 hingga 2021 dan sistem itu akan menggunakan kembali sistem komando dan pengendalian dan jaringan NASAMS, untuk menciptakan “sistem pertahanan udara jarak dekat yang sangat mobile,”. Proyek ini mencakup enam kendaraan M113 yang dimodifikasi untuk membawa rudal IRIS-T.

Baca Juga:  Untuk Ngimbangi China, Amerika Siap Tempatkan Rudal Nuklir di Asia

Sumber : armyrecognition.com, TSM Angga Saja

1 Trackback / Pingback

  1. Prabowo Tertarik Pada Rudal dan Radar Buatan Swedia, Sinyal Pengen Beli Nih? – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan