T-90M, Sang Pengantara yang Jadi Standar Baru Kekuatan Lapis Baja Rusia

Publik boleh menyanjung T-14 Armata, tetapi pada kenyataannya tank baru Rusia ini tidak akan diproduksi dalam jumlah besar. Kementerian Pertahanan Rusia justru menandatangani kontrak pengadaan baru untuk MBT (Main Battle Tank) T-90M dalam pameran ARMY-2017, walaupun tidak secara spesifik menyebutkan berapa unit yang akan dipesan.

T-90M sendiri tidak bisa dilepaskan sejarahnya dari keluarga besar T-72, yang saat ini sudah sampai pada standar T-72B3 yang diproduksi sebagai kit modifikasi untuk Angkatan Darat Rusia. T-90M akan mengadopsi dan mengakomodasi temuan-temuan teknologi baru yang dikembangkan untuk T-14 Armata dan memindahkannya ke platform T-90M yang dianggap lebih matang.

Jika melihat sosoknya yang dipamerkan dalam ARMY-2017, T-90M tampil dengan lebih sedikit tonjolan di sana-sini, tetapi dengan kulit yang jelas-jelas lebih tebal. Jika tadinya pada glacis misalnya, ditumpuki oleh balok reaktif Kontakt-5, pada T-90M seperti ditambah satu lapisan lagi, tetapi dengan balok reaktif Relikt yang punya sosok mulus.

Balok Relikt juga ditemui melapisi sisi kanan-kiri T-90M, dipasang pada rangka yang berjarak atau berongga dengan kulit asli. Konfigurasi ini dapat mengurangi letalitas rudal anti tank yang memanfaatkan hululedak HEAT (High Explosive Anti Tank). Pemasangan balok reaktif ini memenuhi tiga perempat sisi samping, lalu dilanjutkan dengan pagar atau slat armor untuk melindungi mesin.

Pelat Relikt juga dapat ditemui pada bagian tepi kubah, membentuk pola kerang seperti generasi T-72B3, tetapi terpasang secara lebih rapat dan pada sudut yang lebih landai dibandingkan dengan pendahulunya. Bagian atas kubah pun dilindungi dengan balok reaktif berbentuk kotak yang lebih kecil. Di bagian bawah kubah dilindungi dengan bola rantai baja untuk mencegah rudal anti tank melesak masuk ke cincin kubah yang tipis proteksinya.

Selain proteksi, T-90M akan menerima meriam 125mm baru, 2A82-1M yang dikembangkan untuk T-14. Dari bentuk fisiknya, jaket larasnya nampak lebih tebal sehingga meriam ini kelihatan lebih besar dibandingkan pendahulunya walaupun kalibernya serupa. Sistem pengisian otomatisnya diperbarui sehingga dapat memuat proyektil yang berukuran lebih panjang, dan umur larasnya meningkat sampai 900 kali tembakan.


Untuk sektor sistem kendali penembakan, komandan akan menerima optik panoramiknya sendiri yang dipadu dengan sistem kubah remote dengan senapan mesin 7,62mm. Sistem kendali penembakannya juga akan diupdate sehingga kompatibel dengan rudal antitank Invar yang punya jarak jangkau sampai 5 kilometer.

Untuk sektor mobilitas, T-90M juga menerima mesin baru yang berdaya 1.300hp, jauh lebih besar dari T-90MS sekalipun yang hanya ada di kisaran 1.000hp. Diharapkan pemasangan mesin baru ini akan menyelesaikan problem mobilitas tank-tank Rusia yang lambat. T-90M akan menjadi penutup jeda yang bukan tidak mungkin justru akan berdinas untuk jangka waktu yang cukup lama.


Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/personal/index/

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan