Taiwan Gelar Latihan Wan An, Simulasi Hadapi Serangan Udara Dari China

Taiwan kembali menggelar latihan tahunan Wan An ke-42 (萬 安 演習), ini latihan simulasi serangan udara oleh militer Cina. Latihan telah dimulai sejak kemarin (27 Mei 2019) dan dimulai dari Taiwan utara. Daerah lain akan mendapat jadwal giliran latihan sesudahnya.

Daerah pertama yang mendapat jatah latihan adalah Kota Taipei, Kota Taipei Baru, Kabupaten Yilan, Keelung, Kota Taoyuan, Kota Hsinchu, dan Kabupaten Hsinchu. Latihan dimulai pukul 13.30 waktu setempat.

Sesuai undang-undang, semua
pengguna jalan, baik pejalan kaki atau kendaraan bermotor harus menyingkir dari jalan raya selama latihan berlangsung. Jika melanggar akan didenda NT $ 30.000 hingga NT $ 150.000 (US $ 1.000 hingga US $ 5.000).


Untuk pertama kalinya dalam latihan pertahanan udara nasional, pesan dikirimkan ke ponsel dalam simulasi tanggapan terhadap serangan rudal, menurut MND. Terlepas dari kenyataan bahwa pesan teks telah dikirim dua menit sebelumnya dan sirene meraung-raung melintasi kota saat latihan dimulai, banyak kendaraan dapat terlihat mencoba untuk mengisi daya melalui jalan-jalan yang kosong sebelum polisi menghentikannya.

Latihan serangan udara Wan An secara nasional akan dilakukan di sekitar pulau mulai 27 Mei hingga 30 Mei mulai pukul 13:30 hingga 14:00, dan dibagi menjadi tujuh wilayah berikut:

Wilayah Utara: 27 Mei
Kabupaten Yilan, Kota Keelung, Kota Taipei, Kota Taipei Baru, Kota Taoyuan, Kota Hsinchu, dan Kabupaten Hsinchu

Baca Juga:  Yordania Cuci Gudang Senjata, Banyak Alutsista Baru Beli Dijual

Wilayah Selatan: 28 Mei
Kota Tainan, Kota Kaohsiung, dan Kabupaten Pingtung


Wilayah Kinmen: 28 Mei
Kabupaten Kinmen

Wilayah Timur: 29 Mei
Kabupaten Hualien dan Kabupaten Taitung

Area Matsu: 29 Mei
Kabupaten Lienchiang

Wilayah Tengah: 30 Mei
Kabupaten Miaoli, Kota Taichung, Kabupaten Changhua, Kabupaten Nantou, Kabupaten Yunlin, Kota Chiayi, dan Kabupaten Chiayi

Daerah Penghu: 30 Mei
Kabupaten Penghu

Latihan Wan An pertama diadakan pada 1978 setelah Chiang Ching-kuo terpilih sebagai presiden oleh Majelis Nasional. Karena meningkatnya kekhawatiran tentang keselamatan Taiwan setelah dikeluarkan dari PBB pada tahun 1971, Chiang memprakarsai latihan persiapan serangan udara bagi warga negara untuk “Mempersiapkan bahaya di masa damai” dan menjulukinya “Latihan Perdamaian Mega”. 萬 安 演習 Latihan Wanan ).

Latihan telah berlangsung selama 41 tahun sekarang. Karena ketegangan dengan China telah meningkat sejak pemilihan Presiden Tsai Ing-wen (Cai Ying) pada tahun 2016 dan dengan 1.000 rudal yang diarahkan ke Taiwan dari Cina, latihan itu tampaknya lebih relevan daripada sebelumnya.

Sesuai dengan Undang-Undang Pertahanan Nasional dan ketentuan-ketentuan Undang-Undang Persiapan Mobilisasi Pertahanan Nasional, latihan Wan An terutama dimaksudkan untuk memverifikasi kemampuan tempur bergerak dan mengevakuasi jalan-jalan untuk memungkinkan kontrol lalu lintas dan tes sirene serangan udara untuk meningkatkan nasional Kemampuan tanggap darurat.

Sumber: taiwannews.com, Majalah-holiday,com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan