Taiwan Resmikan Kapal Penjaga Terbaru Dengan Bobot 600 Ton Kelas Korvet

Penjaga Pantai Taiwan menerima penyerahan dua kapal patroli baru yang cukup sangar pada 11 Desember 2020. Sebuah kapal kelas korvet seberat 600 ton dan Kapal patroli cepat 35 ton. Diresmikan dalam sebuah acara seremonial di Kaohsiun dan dihadiri langsung oleh Presiden

Kapal korvet diberi nama Anping dengan hull katamaran seberat 600 ton yang dipesan pada 2019 oleh Badan Penjaga Pantai Taiwan. Kapal baru ini didasarkan pada desain korvet rudal stealth kelas Tuojiang yang digunakan Angkatan Laut Taiwan. Kapal Anping telah dimodifikasi dan dioptimalkan sebagai kapal patroli laut sesuai dengan persyaratan dan karakteristik misi Penjaga Pantai Taiwan.

CG 601 Anping memiliki panjang 65,4 meter. Kapal memiliki kecepatan jelajah 44 knot. Kapal baru ini dilengkapi dengan kanon air bertekanan tinggi, Remote Controlled Weapon Station (RCWS) 20 mm berlaras ganda dengan sistem pelacak target otomatis, dan sistem peluncur roket 70mm 42 tabung dengan pelacak target malam hari/cuaca buruk.

Menurut Badan Penjaga Pantai Taiwan (CGA), kapal ini juga mampu membawa 16 sistem rudal antikapal Hsiung Feng II dan rudal supersonik jarak menengah Hsiung Feng III. Rudal tersebut diyakini memiliki jangkauan operasional 400 km dengan kemungkinan jangkauan maksimum lebih dari 1.500 km dan jangkauan minimum 30 km. Kedua rudal tersebut dikembangkan oleh Institut Sains dan Teknologi Chung-Shan Taiwan.

Baca Juga:  Sadis, 2 Pentolan Teroris Dihabisi Rudal Ninja Amerika di Suriah

Kapal CG 601 Anping akan digunakan untuk perlindungan pesisir pantai dan hak kendali penangkapan ikan di perairan selatan Taiwan. Selain berpatroli di pantai, korvet tersebut mampu melakukan misi penyelamatan dan bertanggung jawab untuk melindungi perairan Taiwan, termasuk mencegat penyelundup dan mengusir kapal Tiongkok yang masuk tanpa izin, kata pihak Penjaga Pantai Taiwan.

Sistem senjata

S

umber : navyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan