Taiwan: Rudal Kami Bisa Menyerang China Daratan

Menteri Pertahanan Nasional Taiwan mengakui untuk kali pertama bahwa militer negaranya memiliki kemampuan untuk mengujani China Daratan dengan berbagai jenis rudal, demikian pernyataan Menhan Letnan Jenderal Chiang Chen-Chung tentang kesiapan tempur negaranya meladeni China sebagai ditulis IHS Janes, pada 21 Maret 2017.

Chiang tidak menyebutkan sistem rudal apa yang dimaksud. Taiwan sendiri diketahui memiliki rudal anti kapal Hsiung Feng II (HF-2), rudal supersonik permukaan ke permukaan HF-3, dan rudal jelajah HF-2E.

Rudal HF-3 disebut-sebut memiliki jangkauan 130 km, namun versi upgrade diyakini telah bisa mencapai jarak 300 km. Rudal ini mampu melaju dengan kecepatan 3 Mach (3704 km/jam). Analis militer mengatakan bahwa HF-3 dilengkapi dengan beberapa pemandu dan dapat digunakan sebagai rudal kapal ke kapal, menyerang daratan, dan rudal anti radar.

Taiwan mengembangkan rudal anti kapal Hsiung Feng II (HF-2) yang melaju dengan kecepatan 0,85 Mach (1.041 km/jam) dan mampu terbang rendah di atas permukaan laut. Rudal ini menggunakan sistem pencari dual mode, radar aktif pencari dengan kemampuan ECCM (Electronic counter-countermeasures), infra merah untuk mencari dan menghancurkan target.

Taiwan berhasil membuat Hsiung Feng IIE (HF-2E) yang merupakan rudal jelajah untuk menghancurkan target darat. Rudal jelajah HF-2E mampu menghancurkan target sejauh 650 km dan terbang dengan kecepatan 0,85 Mach atau 1.041 km/jam, dipandu inertial guidance (INS) dengan Global Positioning System (GPS) dand update TERCOM.

Baca Juga:  Rusia Akan Terima Jet Tempur Siluman Sukhoi T-50 PAKFA Tahun Depan

Rudal jelajah HF-2F dikembangkan oleh Chung-Shan Institute of Science dan Technology (CSIST) dari rudal anti kapal HF-2. Rudal HF-2E ditembakan dari kendaraan peluncur dan pemerintah Taiwan menyebar tiga skuadron, dibawah komando Rudal Grup 601, di tiga tempat dekat Taiwan City dan Taoyuan County.


Sumber : IHS Janes/Facebook TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan