Taiwan Siap Borong Jet Tempur F-35B, Tank M1A2 Abrams dan Teknologi Kapal Selam dari AS

Taiwan dimungkinkan bakal segera dapat membeli persenjataan dari AS, menyusul pihak Pentagon yang disebut berencana melakukan hubungan dagang militer asing dengan Taipei.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pertahanan AS Urusan Keamanan Asia Pasifik, Randall Schriver, pemerintahan Donald Trump bakal meningkatkan lebih banyak penjualan persenjataan kepada Taiwan.

Bahkan bulan lalu, Washington juga telah mengumumkan rencana penjualan persenjataan senilai 330 juta dolar (sekitar Rp 5 triliun).

Meski demikian belum diungkapkan peralatan dan persenjataan perang apa saja yang akan dibeli Taiwan dari AS.

Melansir dari SCMP, berikut ini tiga hal yang kemungkinan besar akan berada di posisi paling atas dalam daftar belanja militer Taiwan dari AS:

1. Teknologi kapal selam

Taiwan telah sejak lama ingin meningkatkan armada kapal selamnya yang telah tua dan membangun kapal selamnya sendiri, namun terkendala keterbatasan teknologi dan suku cadang yang dimiliki.

Washington pun pada April lalu telah setuju mengizinkan kontraktor pertahanan AS untuk membantu Taiwan dalam membangun kapal selam di dalam negeri.

Tetapi kendala lainnya yakni Angkatan Laut AS yang hanya menggunakan kapal selam bertenaga nuklir, sementara Taiwan mengharap dapat memiliki kapal bertenaga diesel dan listrik.

2. Jet tempur F-35


Pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin adalah jet tempur siluman tercanggih buatan AS saat ini dengan mesin tunggal dan pilot tunggal.

Baca Juga:  Boeing Pamerkan Pesawat Tanker Ikan Pari MQ-25

Pesawat tempur ini dirancang sebagai air superiority dengan serangan rudal darat-ke-udara dan dilengkapi sistem pemrosesan mutakhir, teknik integrasi radar dan sistem pengenalan target canggih.

Dalam wawancara dengan media Taiwan pada Maret lalu, Menteri Pertahanan Yen Teh-fa mengatakan, jet tempur F-35B yang memiliki kemampuan lepas landas di landasan pendek dan bahkan secara vertikal, dinilai cocok untuk Angkatan Udara Republik China.

Yen juga mengatakan, negosiasi pembelian telah dimulai dan pemerintah Taiwan akan segera mengajukan permintaan ke AS setelah menyelesaikan evaluasi proposal pengadaan.


3. Tank M1A2 Abrams

Kendaraan tempur lapis baja generasi ketiga buatan AS ini dianggap sangat cocok untuk menggantikan tank tua yang dimiliki militer Taiwan. Sebagian besar tank tentara Taiwan saat ini adalah model lama buatan AS seperti M60 dan M48.

Pemerintah Taiwan telah sejak lama membahas perlunya membeli tank M1A2 Abrams karena banyak pihak yang mulai mempertanyakan kelayakan armada lama tank tempur mereka untuk beroperasi di wilayah pesisir dan pedalaman gunung yang banyak ada di negara itu.

Taipei juga sempat mengatakan rencana pembelian 108 unit tank tempur M1A2 Abrams dari AS pada 10 Juli lalu, namun hingga kini belum ada kejelasan lanjutan dari rencana itu.

Sumber: Kompas.com/ TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan