Taliban Afghanistan Mengaku Menembak Jatuh Pesawat B-52

Kelompok militan Taliban Afghanistan mengklaim menembak jatuh pesawat pengebom jarak jauh strategis B-52 Stratofortress di Helmand, Afghanistan.

Pesawat yang hendak terbang di pangkalan udara Shawrab, Provinsi Helmand di bagian selatan Afghanistan, terkena tembakan senjata berat.

Klaim disampaikan juru bicara Taliban, Qarri Muhammad Yoousef Ahmad, dikutip Muraselon News, Rabu (10/4/2019).

“Mujahidin Emirat Islam mengincar pengebom B-52 menggunakan senjata berat di area Lar di Distrik Washir, Helmand. Pesawat itu jatuh, asap membubung dari lokasi jatuhnya pesawat,” kata Qarri Muhammad.

Masih belum ada tanggapan atau pernyataan dari pemerintah Afghanistan maupun militer AS yang bercokol di negara itu.

Minggu, atau dua hari sebelumnya, empat tentara AS dan kontraktor keamanan swasta yang bekerja untuk AS, dilaporkan tewas di dekat pangkalan udara Bagram, Afghanistan utara.

Tiga personil lainnya luka-luka akibat ledakan bom rakitan yang ditanam di tepi jalan itu. Ledakan bom menghantam konvoi kendaraan pasukan AS yang melintas di distrik Parwan.

Akhir bulan lalu, dua tentara AS terbunuh di Afghanistan saat tugas tempur . Tidak disebutkan rincian lokasi kejadian dan nama-nama korban itu.


Presiden Afghanistan Ashraf Gani saat berbicara di Forum Ekonomi Dunia awal tahun ini menyatakan, 45.000 tentara Afghanistan tewas sejak 2014.
Tiap bulan rata-rata ada 849 prajuritnya yang tewas dalam pertempuran di berbagai front.

Baca Juga:  Pesawat Luar Angkasa China Melesat Lima Kali Kecepatan Suara

Pasukan AS menempatkan 14 ribu prajuritnya di negara ini sejak invasi mereka menumbangkan Taliban dan Al Qaeda.

Sumber: Tribunjogja.com/ MuraselonNews/Aljazeera/xna

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan